ES. Olahan ubi ungu menjadi es cream dilakukan mahasiswa UNY. (foto: ist)
Siedoo.com - ES. Olahan ubi ungu menjadi es cream dilakukan mahasiswa UNY. (foto: ist)
Inovasi

Mahasiswa KKN UNY Olah Ubi Ungu Menjadi Es Cream, Berikut Cara Pembuatannya

YOGYAKARTA, siedoo.com – Selama ini olahan ubi ungu lebih banyak dengan cara direbus, namun di tangan mahasiswa KKN UNY ubi ungu diubah menjadi santapan kekinian yang disukai anak-anak. Mereka mengolah ubi ungu menjadi es cream.

Menurut Ketua Kelompok KKN Vokasi UNY Panjatan 3 Kulonprogo Lutfi Shofia Ningrum, mereka mengolah ubi ungu menjadi es cream karena ini merupakan jenis makanan camilan yang disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Namun tidak semua es cream dapat aman dikonsumsi karena ada penyalahgunaan peluang yang ada seperti membuat es cream dengan bahan-bahan yang berbahaya,” kata Lutfi.

Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan jika es cream tersebut dikonsumsi oleh masyarakat khususnya anak-anak. Dari hal tersebut, maka perlu adanya inovasi produk untuk es cream salah satunya dengan menggunakan bahan utama yang tentu aman dikonsumsi dan sehat untuk tubuh seperti pada pemilihan bahan ubi ungu.

Kandungan gizi ubi ungu terdiri atas kalori 87 kal, protein 2 gram, karbohidrat 20 gram, serat 3,3 gram, lemak kurang dari 1 gram, tembaga 21 persen dari kebutuhan harian, potasium 8 persen dari kebutuhan harian, vitamin B6 18 persen dari kebutuhan harian, vitamin C 14 persen dari kebutuhan harian.

Ubi ungu mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Selain itu ubi ungu kaya serat dan rendah natrium.

Penanggungjawab kegiatan Marsya Syafiqoh mengatakan latar belakang pemilihan es cream ubi ungu ini karena ingin menginovasikan produk es cream dengan sayuran yaitu ubi ungu.

“Selain itu karena ingin mengenalkan kepada anak-anak tentang jenis tanaman ubi ungu dan cara-cara pemanfaatannya pada olahan makanan,” kata Marsya.

Dalam hal makanan ubi ungu dapat dimanfaatkan untuk berbagai makanan ringan diantaranya seperti untuk keripik ubi ungu, bubur ubi ungu untuk balita, cake ubi ungu, mie ubi ungu, bola ubi ungu, klepon ubi ungu dan sebagainya.

Baca Juga :  Angin dan Hujan Penyebab Utama Kecelakaan Penerbangan

Menurut mahasiswa prodi D4 Tata Boga Fakultas Vokasi UNY Kampus Wates tersebut bahan yang diperlukan dalam pembuatan es cream ubi ungu adalah 200gr ubi ungu, 200ml susu full cream, 1 sdt sp, 15 sdm gula pasir sesuai selera, 1 sachet susu kental manis putih dan 5 sdm susu bubuk.

Bahan tambahan untuk topping adalah sprinkle, sedangkan bahan untuk mengemasnya adalah cup es krim 50ml dan sendok kayu kecil.

Cara membuatnya potong ubi ungu dengan bentuk dadu, lalu kukus dengan api sedang selama kurang lebih 15-20 menit hingga tekstur ubi lunak. Haluskan ubi ungu sesuai dengan selera masing-masing lalu sisihkan.

Campurkan susu full cream, SP, gula pasir, susu kental manis putih dan susu bubuk dalam 1 tempat, mixer secara bersamaan sampai mengembang. Setelah bahan mengembang campurkan ubi ungu ke dalam adonan. Koreksi rasa.

Aduk balik secara perlahan, jangan terlalu cepat. Setelah bahan tercampur, dapat dimasukan ke dalam wadah tertutup. Masukan ke dalam freezer, tunggu hingga 3 jam. Setelah 3 jam, sajikan ubi ungu di dalam cup/wadah yang ada dan beri taburan sprinkle/topping bebas. Es cream ubi ungu siap dinikmati.

Praktik pembuatan es cream ubi ungu ini dilakukan di TK Negeri Pembina Panjatan Kulonprogo. Dari segi rasa, produk terasa perpaduan susu dan ubi ungu dengan tesktur lembut dan creamy.

Hampir mirip dengan es cream pada umumnya namun yang membedakan terasa sedikit tekstur halus dari serat ubi. Warna produk menarik karena bewarna ungu dan disajikan menggunakan topping sprinkle warna-warni dan beraroma khas ubi ungu. (uny/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?