HOLISTIK. Dokter Konsultan Sehat Holistik, Medi Wirawan, dr, DFM, MPH. (foto: istimewa)
Siedoo.com - HOLISTIK. Dokter Konsultan Sehat Holistik, Medi Wirawan, dr, DFM, MPH. (foto: istimewa)
Opini

Menjaga Makanan Malam saat Puasa agar Tetap Sehat

Siedoo, Berpuasa lebih baik bagimu, bila engkau mengetahui (QS 2:184). Saat berpuasa Ramadan waspada pola dan asupan makan setelah ifthar di waktu Maghrib. Makanan tinggi lemak dan gorengan kadang menjadi makanan favorit yg sering dipilih.

Risiko perut mudah buncit. Permasalahan perut buncit seringkali terjadi akibat kebiasaan dan kesukaan seseorang dengan makan malamnya. Resikonya, apabila jam tidur malam terganggu akan berimbas terhadap kenaikan berat badan yang kadang tanpa disadari.

Inti masalah sebenarnya bukan hanya terfokus pada makan malam itu sendiri namun lebih kepada apa yang dimakan saat itu. Pasalnya, ada beberapa makanan yang mengandung lebih banyak komponen penyumbang lemak daripada komponen sehat lainnya.

Agar berat badan bisa terkontrol, ini beberapa daftar makanan yang dapat memicu perut buncit dan berpotensi mengganggu jam istirahat jika dikonsumsi saat malam hari.

Faktor pemicu perut buncit hingga sulit tidur malam, mulai dari makanan manis sampai gorengan. Sebaiknya hindarilah mengkonsumsi 6 Jenis makanan berikut ini saat malam hari :

  1. Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan manis di malam hari dapat memicu sulit tidur ( insomnia) serta memicu perut mudah menjadi buncit.

Makanan tinggi gula sangat berpotensi menyebabkan perut mudah menjadi buncit.

Malam hari adalah saat  istirahat untuk tubuh tak terkecuali lambung, di mana pada saat ini sistem pencernaan akan bekerja lebih lambat.

Apabila kita mengkonsumsi sesuatu yang sulit dicerna seperti makanan manis, olahan tersebut akan tertimbun menjadi lemak khususnya di area perut (=buncit). Gula yang membawa banyak energi juga membuat tubuh yang seharusnya beristirahat justru terjaga semalaman.

Sejalan dengan studi pada  Journal of American Heart Association, kualitas tidur malam yang buruk sering disebabkan oleh kebiasaan makan manis saat malam hari.

  1. Gorengan
Baca Juga :  Kenali Berbagai Macam Cara Belajar

Ragam sajian gorengan tidak baik untuk kesehatan tubuh juga pencernaan.

Mengkonsumsi gorengan ganggu kesehatan tubuh dan perut  buncit.

Tidak senikmat rasa yang ditawarkan, gorengan atau makanan yang digoreng menjadi faktor penyumbang terbesar dari risiko kegemukan ( obesitas).

Kandungan minyak yang tinggi pada gorengan akan menumpuk di dalam tubuh karena sulit untuk diproses. Teknik menggoreng terlebih dengan api yang besar juga dapat merusak nutrisi dalam makanan sehingga tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Olahan Pedas

Sensasi tidak nyaman sesuai makan pedas membuat kamu kesulitan untuk tidur.

Olahan pedas memicu rasa mulas di perut sehingga sulit tidur.

Sensasi nikmat juga cita rasa yang lezat menjadi satu alasan mengapa olahan pedas begitu digemari. Namun perlu juga kamu ketahui, ada lebih banyak alasan mengapa jenis makanan ini pantang dikonsumsi khususnya saat malam hari.

Makan sesuatu yang pedas dapat mengikis dan melukai ( iritasi) lapisan perut yang memicu rasa terbakar dan nyeri di perut sekaligus rasa mulas. Suhu yang ikut naik juga membuat tubuhmu terus berkeringat. karena itu, kamu berisiko kesulitan untuk tertidur karena perut yang tidak nyaman.

  1. Daging Olahan

Tingginya kalori disusul lemak jenuh dalam daging olahan sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Daging olahan sebabkan gangguan tidur saat malam.

Menikmati daging olahan sebelum tidur sama saja seperti merusak kualitas istirahat malam itu sendiri.

Data yang dihimpun dari Journal Aging and Disease menunjukkan adanya keterkaitan antara gangguan tidur dengan kebiasaan mengkonsumsi daging saat malam terlebih dalam kelompok usia dewasa.

Belum lagi, tingginya kalori serta lemak jenuh dalam daging olahan dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga risiko perut buncit hingga obesitas dapat terjadi.

  1. Makanan Tinggi Garam
Baca Juga :  Tidak Layak, Pemakaian Istilah ‘Diskualifikasi’ Dalam Lomba Tingkat SD

Makanan tinggi natrium membuat kamu buang air kecil terus-menerus yang membuat tidur malam terasa tidak nyaman.

Keluhan kembung akibat konsumsi makanan asin.

Selain tekanan darah tinggi, makanan asin juga bisa menyebabkan pengikatan ( retensi) berakibat kelebihan cairan dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan tinggi natrium saat malam hari membuat tubuh menahan banyak air yang memicu perut kembung. Bukan cuma itu, camilan asin seperti keripik dan snack lainnya juga bisa sebabkan buncit.

  1. Mi Instan

Kebiasaan makan mie instan saat malam sama saja dengan menumpuk lemak dalam tubuh.

Mi instan sebabkan penumpukan lemak.

Di balik sajian dan bumbu pelengkap yang mudah dibuat, terdapat banyak kandungan dalam mi instan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu bungkus mi instan terdapat lemuk jenuh serta kalori yang tinggi namun rendah nilai gizi. Kandungan bahan pengawet membuat makanan instan ini lebih lama untuk dicerna yang kemudian disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Jika tidak cepat dibenahi, kebiasaan makan malam mie instan bukan hanya menumpuk lemak namun juga sebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

Semoga bermanfaat, salam sehat holistik! (*)

Penulis

*) Medi Wirawan, dr, DFM, MPH

Dokter Konsultan Sehat Holistik

Apa Tanggapan Anda ?