LUNCURKAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz meluncurkan SiABAH.
Siedoo.com - LUNCURKAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz meluncurkan SiABAH.
Daerah Inovasi

Inovatif! Mudahkan Penyusunan Produk Hukum, Pemkot Magelang Luncurkan SiABAH dan JDIH

MAGELANG, siedoo.com – Sistem Informasi Bagian Hukum (SiABAH) dan logo baru Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) diluncurkan Pemkot Magelang melalui Bagian Hukum Setda.

Peluncurannya dilakukan oleh Wali Kota di Aula Adipura Kencana kompleks kantor Pemkot Magelang, Rabu (14/12/2022).

“SiABAH merupakan terobosan dan inovasi untuk memberikan layanan terbaik dalam fasilitasi penyusunan produk hukum daerah. Dengan SiABAH, penyusunan produk hukum jadi mudah,” kata Kepala Bagian Hukum, Prawerti Prajnajati.

Dijelaskan, SiABAH diluncurkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Perangkat Daerah, meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja, mendukung kebijakan sistem pemerintahan berbasis elektronik, serta mengatasi keterbatasan personel.

SiABAH telah dikembangkan dengan menyediakan beberapa layanan secara digital. Yaitu, sistem perencanaan Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROPEMPERDA), sistem perencanaan Peraturan Walikota, Keputusan Walikota.

Lalu ada Keputusan Sekretaris Daerah (Propemperwal dan Rensun SK), proses harmonisasi produk hukum daerah secara paperless dan sistem pencarian (tracking) produk hukum daerah.

Selain itu juga penomoran produk hukum daerah by system, penatausahaan data base produk hukum, serta notofikasi whatsApp gateway dan email.

Selanjutkan, inovasi website JDIH Kota Magelang merupakan suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat.

Selanjutnya, untuk mendukung fungsi JDIH, Bagian Hukum telah melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada Perangkat Daerah dan masyarakat, salah satunya dengan mengenalkan logo baru dan upgrade website JDIH Kota Magelang yang terintegrasi dengan JDIH Nasional.

Menurutnya, logo baru JDIH diharapkan dapat membawa semangat baru dalam memberikan pelayanan dan melakukan rebranding atas JDIH yang dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi serta mengembangkan JDIH Kota Magelang ke arah yang lebih baik.

Baca Juga :  169 Marbot Masjid di Kota Magelang Mendapat Insentif, Wali Kota: Marbot Bukan karena Bayaran

“Adanya website ini diharapkan masyarakat lebih mudah mencari produk hukum daerah dengan mudah, cepat dan akurat,” paparnya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyatakan, produk-produk hukum harus segera diperbanyak untuk melindungi pekerja di pemerintahan.

Dokter Aziz berharap setiap tahun Pemkot Magelang menghasilkan beberapa regulasi. Keberhasilan pemerintahan itu diantaranya adanya regulator-regulator tersebut.

“Saya apresiasi inovasi SiABAH dan JDIH Kota Magelang ini yang diharapkan pelayanan dalam rangka penyusunan produk hukum semakin baik. Saat ini inovasi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu penting dan harus lebih diperdalam dan detil,” jelas Dokter Aziz. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?