MEMPERINGATI. Senam bersama di Alun-alun Kota Magelang dalam memperingati Hari Ibu dan Hari AIDS. (foto: istimewa)
Siedoo.com - MEMPERINGATI. Senam bersama di Alun-alun Kota Magelang dalam memperingati Hari Ibu dan Hari AIDS. (foto: istimewa)
Daerah

Senam Bersama hingga Gelaran UMKM Meriahkan Hari Ibu dan Hari AIDS di Alun-alun Kota Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Senam bersama, fashion show, lomba senam kreasi, lomba yel-yel dan gelaran UMKM meriahkan Hari Ibu ke-94 dan Hari AIDS Sedunia Tingkat Kota Magelang di Alun-alun setempat, Ahad (11/12/2022). Kesempatan itu diikuti kaum ibu, pelajar dan masyarakat.

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz menyampaikan, kegiatan ini bertujuan mendorong perempuan dalam berbagai bidang pembangunan agar bangkit kembali dan mengambil peran yang lebih besar. Selain itu, mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan senam bersama.

Ia juga memberikan motivasi kepada para penderita HIV/AIDS supaya tetap semangat menjalani hidup karena meski terinfeksi masih tetap bisa berkarya.

“Teman-teman penderita HIV/AIDS jangan patah semangat, kalian masih bisa berkarya menjadi orang bermanfaat bagi orang lain,” pesannya.

Hadir pula Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Magelang, Sekretaris Daerah Kota Magelang, Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kota Magelang, serta Kepala BUMD Kota Magelang.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz yang hadir pada kegiatan itu turut mengajak masyarakat untuk selalu menghormati dan menghargai seorang ibu.

“Ibu itu luar biasa. Dalam hadis, ibu disebutkan 3 kali, baru bapak. Kalau mau sukses hidupnya, harus berbakti pada ibunya,” nasehat dokter Aziz.

Untuk memeriahkan suasana, ia mengajak hadirin menyanyikan lagu Ibu yang dipopulerkan Iwan Fals. Menurutnya, lagu tersebut mempunyai arti yang mendalam.

Lebih lanjut, dirinya berpesan bagi pasien HIV/AIDS agar disiplin dalam pengobatan dan menjaga kondisi fisik.

“Kalau sudah kena HIV/AIDS diobati dengan rutin, disiplin, jaga kondisi fisik dengan olahraga. Pencegahan agar tidak terinfeksi jangan pakai drugs, jangan sex bebas, jangan pakai jarum suntik yang tidak steril,” tandas Dokter Aziz.

Baca Juga :  Perkenalkan Keberagaman Budaya ke Anak 

Sekretaris Komisi Penanggulanagan AIDS (KPA) Kota Magelang, Surasmono mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi atau kampanye pencegahan HIV/AIDS di masyarakat. Dia mengapresiasi Pemkot Magelang dan Forkopimda yang sudah peduli dan berkomitmen untuk menanggulangi HIV/AIDS.

“Senang sekali karena masyarakat ramai datang, mereka siap ikut menanggulangi HIV/AIDS di Kota Magelang. Masyarakat sudah sadar, lewat RT/RW antusias setiap ada kegiatan sosialisasi. Tadi ada penandatangan komitmen bersama, Pemkot dan Forpimda, siap menanggulangi HIV/AIDS dari tingkat bawah,” jelas Surasmono

Dia menyebutkan, sejak 2004 di Kota Magelang ada sekitar 200 orang yang terinfeksi HIV/AIDS. KPA Kota Magelang terus melakukan sosialisai agar masyarakat sadar akan bahaya virus tersebut sehingga tidak semakin menyebar.

Sebagai informasi, pemenang lomba senam kreasi yaitu Juara 1 RW 06 Kelurahan Potrobangsan, Juara 2 RW 08 Kelurahan Rejowinangun Utara, Juara 3 RW 11 Kelurahan Kramat Selatan.

Sedangkan juara 1, 2, 3 lomba yel-yel berturut-turut Kelurahan Gelangan, Kelurahan Kedungsari, dan Kelurahan Kemirirejo. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?