Daerah

Menuju Herd Immunity, Polda dan UNY Gelar Vaksin Merdeka

YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar vaksinasi massal. Kegiatan ini merupakan upaya dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19 dengan sasaran keluarga dosen dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa UNY yang berlangsung di Auditorium UNY.

Sekretaris kegiatan vaksinasi Joko Purwoko, MM menyebutkan bahwa untuk kegiatan ini UNY mengundang 600 anggota keluarga dosen dan tenaga kependidikan UNY, serta 3.000 orang mahasiswa. Rekanan yang ditunjuk UNY untuk melakukan vaksinasi adalah Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY dengan pertimbangan bahwa bidang ini telah sering melakukan vaksinasi untuk berbagai institusi dan bersifat all in.

"Yaitu meliputi pendaftaran, cek fisik dan tensi, screening, meja vaksinasi, meja follow up setelah vaksinasi termasuk pengolahan limbahnya. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac," katanya.

Salah satu peserta vaksinasi, Miftah Okta Berlian dari prodi statistik Fakultas MIPA UNY mengatakan bahwa ia belum melaksanakan vaksinasi karena mengalami kesulitan saat mendaftar secara online. Harapannya dengan vaksinasi ini ia bisa meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus dan bisa kuliah secara offline.

“Karena UNY melakukan vaksinasi untuk mahasiswanya, maka saya mendaftarkan disini,” kata Miftah.

Sementara itu, Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda DIY Kombespol Agus Rohmat, S.I.K, SH., M.Hum mengatakan kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mencapai herd immunity pada masyarakat Yogyakarta. Khususnya di UNY baik mahasiswa maupun keluarga dosen dan tenaga kependidikan.

"Akan ada vaksin tahap kedua dan akan disuplai selama UNY masih membutuhkan," katanya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Edi Purwanta, dalam vaksinasi kali ini UNY menyediakan tempat, APD, IT dan sebagainya. Vaksin ini juga penting bagi mahasiswa karena dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap virus. Kegiatan bertema ‘Vaksin Merdeka’ tersebut digelar selama dua hari. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?