KERJA SAMA. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, (foto: ist)
Nasional

Cetak SDM Unggul, Pemkab Kepulauan Meranti Riau Gandeng UNY

SLEMAN – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama di Sleman, Kamis (10/2/2022). Penandatanganan dilakukan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil S.H dan Rektor UNY Prof. Sumaryanto.

Muhammad Adil  mengatakan Yogyakarta sebagai kota pelajar dan banyak yang datang menuntut ilmu di kota ini. “Oleh karena itu MOU di sini harus dikejar untuk anak Meranti cerdas dan terampil,” kata Muhammad Adil.

Pemerintah Meranti merasa gembira atas kerjasama ini dalam rangka membantu pemerintah mencetak dan membangun sumber daya manusia yang unggul dan bermanfaat.

Bupati berharap agar kerjasama yang telah terjalin dapat berjalan dengan baik dan MOU yang ditandatangani perlu dikembangkan dalam bidang yang sangat diperlukan oleh daerah Meranti, bukan hanya bidang pendidikan tinggi namun juga penelitian, pendampingan dan pengembangan masyarakat dalam sektor lain.

Pria kelahiran 18 April 1972 tersebut mengatakan dalam survey BPS tingkat kemiskinan di Meranti 27,98% pada saat pandemi yang merupakan tertinggi di Riau, oleh karena itu diupayakan Meranti menjadi maju, cerdas dan bermartabat.

Dengan target dapat menguliahkan S1 sebanyak 5000 orang, 500 orang magister dan 200 orang doktor dengan alokasi dana 30-40 miliar Rupiah per tahun. Menurutnya Meranti juga membutuhkan sejumlah dokter untuk menjadikan rumah sakit di Meranti sebagai rumah sakit rujukan dan mengubah tipe rumah sakitnya dari tipe C menjadi tipe B.

Meranti juga membutuhkan 500 sarjana pertanian, 500 sarjana perikanan, 678 guru untuk mendukung Meranti kedepan. Rektor menyambut baik penandatangan kerjasama dalam rangka kolaborasi 5 perguruan tinggi yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Mukammadiyah Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Sinergitas dan kolaborasi saling menguntungkan akan selalu kita optimalkan” kata Sumaryanto.

Oleh karena itu beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta siap melakukan kerjasama dengan Meranti tentang tridharma perguruan tinggi. Rektor juga mengajak pada perguruan tinggi yang hadir untuk menyambut baik program ini.

Ruang lingkup kerjasama yang potensial dijajaki kedepan adalah kerjasama pelaksanaan pendidikan mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti (S1, S2 dan S3), pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, peningkatan kualitas dan relevansi pembelajaran di Sekolah Mitra, peningkatan kompetensi guru SMA dan SMK berbasis kewirausahaan.

Lalu peningkatan kompetensi Kepala Sekolah, peningkatan SDM melalui studi lanjut, penempatan PLP dan KKN terintegrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti serta pengembangan inovasi pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini diinisiasi oleh bidang Perencanaan dan Kerja Sama khususnya bidang Kemitraan Dalam Negeri UNY. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?