Daerah

Tiga Sebab Orang Jadi Insecurity

MALANG - Penyebab insecurity menurut psikolog klinis Melanie Greenberg, Ph.D terdapat 3 jenis. Yaitu kegagalan atau penolakan, merasa kecemasan sosial, dan perfeksionis. Sedangkan overthinking disebabkan oleh tidak fokusnya seseorang dalam mencari solusi, berfikir repetitif, dan sulit move on.

"Sehingga menyalahkan diri atas keputusan yang dibuat," kata Ida Farida, HR Analyst Senior of Bank Indonesia saat acara webinar mengangkat tema “How to deal with overthinking and insecurirty”.

Tim PKM-K SADLING.ID Universitas Negeri Malang, Jawa Timur menggelar acara itu karena tergerak untuk membuat sebuah webinar kesehatan mental serta menjadikannya sebagai acara peluncuran aplikasi SADLING.ID. Webinar diikuti sebanyak 210 peserta dan materi yang dibawakan secara mendalam tentang pengetahuan dasar terkait overthinking dan insecurity dan bagaimana berdamai terhadap perasaan tersebut.

Tim SADLING.ID terdiri dari lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yaitu Rani Dwiastika Listyani Puteri (Mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan), Dinda Oktavia Rieuwpassa (S1 Akuntansi), Abdul Alam (Mahasiswa S1 Akuntansi), Wiji Dwi Prasetyo (Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika) dan Lastika Febriyanti (Mahasiswa S1 Psikologi). Mahasiswa berpendapat bahwa, kesehatan merupakan suatu hal yang penting baik fisik maupun mental.

Layaknya seperti sepasang sepatu, kesehatan fisik dan kesehatan mental dapat diandaikan seperti itu. Dimana jika terjadi gangguan pada salah satu kesehatan tersebut maka akan berpengaruh pada satu lainnya dan tidak dapat terpisahkan.

"Tetapi, kerap kali masyarakat mengabaikan pentingnya kesehatan mental dan mengaitkan dengan supranatural," ujar Dinda Oktavia Rieuwpassa.

Melihat hal itu, Tim PKM-K SADLING.ID Universitas Negeri Malang tergerak untuk membuat sebuah webinar kesehatan mental serta menjadikannya sebagai acara peluncuran aplikasi. SADLING.ID merupakan akronim dari “Sayangi dirimu dan lingkunganmu” hasil inovasi dari sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Baca Juga :  Universitas Negeri Malang Siapkan Kuota 3200 Mahasiswa Jalur SBMPTN

"Sebelum mengadakan webinar, kami membuat survei dengan responden dari berbagai usia dan ditemukan hasil bahwa masih banyak yang merasakan overthinking dan insecurity," beber Dinda.

Tim SADLING.ID berharap adanya webinar sekaligus hadirnya aplikasi dapat membantu masyarakat luas terutama siswa dan mahasiswa. (Siedoo)

 

- Penulis, Dinda Oktavia Rieuwpassa

Apa Tanggapan Anda ?