Opini

Perlu Diajarkan Kepada Anak, Inilah Kontribusi Pohon untuk Kehidupan di Bumi

Siedoo, Dengan adanya pohon, udara di sekitar kita menjadi segar. Sehingga di kawasan perkotaan pun dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH), atau penggalakan gerakan penghijauan, serta reboisasi di hutan-hutan gundul.

Keberadaan pohon menjadi penting sebagai produsen dalam rantai makanan. Bahkan tidak hanya itu, semakin banyak pohon semakin baik untuk kehidupan di bumi, karena pohon memberikan banyak kontribusi terhaap kehidupan di Bumi.

Kontribusi pohon perlu dipahamkan dan diajarkan kepada generasi penerus agar mereka mampu melestarikan pohon, melestarikan hutan, dan lingkungan hidup di sekitarnya.

Berikut kontribusi yang diberikan oleh pohon untuk kehidupan di Bumi:

  1. Memperlambat perubahan iklim

Dengan menyerap Karbon Dioksida (CO2) di udara untuk proses fotosintesis, pohon memberikan makhluk hidup di bumi Oksigen (O2) dan membantu memperlambat perubahan iklim karena dengan minimnya kadar CO2 di udara membantu mengurangi efek rumah kaca yang menyebabkan suhu di bumi naik.

  1. Membersihkan udara dari polusi

Tidak hanya menyerap CO2, pohon juga menyerap polusi udara yang terkandung di udara yang merupakan gas buangan kendaraan, pabrik, sampah, dan lain-lain.

  1. Menurunkan suhu rata-rata bumi

Selain melepaskan O2 sebagai hasil dari fotosintesis, pohon juga melepaskan partikel-partikel air sehingga membuat udara menjadi lebih sejuk dan juga menjadi bagian dari siklus air.

  1. Menyimpan dan melindungi air tawar

Pohon berfungsi sebagai menyerap air dipermukaan selama proses siklus air dan menyimpannya di dalam tanah dan menjadi stok air tanah yang bisa dimanfaatkan manusia untuk keperluan hidupnya. Selain itu, akar pohon menyaring air permukaan dari polusi sebelum disimpan di dalam tanah.

  1. Menjadi sumber kehidupan bagi kehidupan di bumi

Tanpa adanya pohon atau tumbuhan, kehidupan di bumi mustahil terjadi. Oksigen, air, dan makanan merupakan faktor yang diperlukan sebuah planet untuk bisa ditinggali makhluk hidup.

Generasi muda terutama anak-anak harus diajarkan bahwa kelangsungan hidup makhluk hidup di Bumi bertumpu pada peran besar pohon. Tidak hanya manusia, tapi segala bentuk kehidupan di Bumi,

Banyaknya pohon akan menjamin ketersediaan air, makanan, dan udara bersih. Sehingga menanam pohon, merawat pohon, dan mencintai pohon perlu ditanamkan kepada anak sejak kecil. Baik diajarkan di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. Dengan harapan agar Bumi kita selalu ditutupi pohon yang menjaga kelangsungan hidup makhluk penghuni Bumi. (*)

Achmad Fikri Dzikrillah
Mahasiswa Jurusan Sosiologi-Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Malang
Apa Tanggapan Anda ?