Daerah

200 Titik WiFi Gratis untuk Pelajar Wilayah Marjinal

JAKARTA - Memasuki Tahun Baru 1 Muharam 1443 Hijriah, Unit Usaha Syariah Adira Finance (Adira Finance Syariah) telah memasang 200 perangkat wifi secara nasional di area sekitar 40 Kantor Cabang Unit Syariah (KCUS) yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemasangan wifi gratis ini dilakukan agar para pelajar dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini dengan menikmati manfaat wifi gratis.

"Sehingga memudahkan mereka dalam mengakses materi pelajaran,” kata Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance.

Dalam mengimplementasikan program ini, Adira Finance Syariah berkolaborasi dengan organisasi filantrofi Dompet Dhuafa karena pengalaman mereka dalam menyalurkan dana kebajikan kepada umat dan memiliki jaringan luas secara nasional.

Program ini juga sebagai wujud nyata meningkatkan kesejahteraan, sesuai visi “Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan”, Adira Finance menggelar beragam program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu ekosistem menghadapi tantangan. Terutama pada masa pandemi Covid-19.

Beragam program CSR ini dilakukan di bawah payung program Adira Finance untuk Indonesia. Penyalurannya dilakukan melalui tiga pilar, yaitu Sahabat Lokal, Adira Peduli, dan Mitra CSR.

“Pada HUT ke-31 Adira Finance tahun ini, kami mengusung tagline #TumbuhBersamaSahabat yang menjadi semangat perusahaan memotivasi seluruh ekosistem Adira Finance untuk tumbuh dan berkembang, melalui kolaborasi bersama - sama,” ujar Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi.

Sebagai salah satu lembaga yang terus bergerak dalam upaya cegah dan tangkal (Cekal) Corona, Dompet Dhuafa menyambut baik kolaborasi kebaikan dari Adira Finance Syariah dalam menghadirkan akses wifi gratis. Mengingat tak semua anak usia sekolah dapat dengan mudah mengakses jaringan internet.

Di daerah marjinal berbeda dengan kota besar yang memiliki akses jaringan internet yang baik. Sehingga banyak siswa di daerah marjinal yang absen mengikuti pembelajaran jarak jauh atau online.

Baca Juga :  Tingkatkan Webometrics, Unila Optimasi Publikasi Ilmiah Daring

Dari problematika tersebut, Dompet Dhuafa dan Adira Finance Syariah mengemas program yang apik untuk mendukung pembelajaran jarak jauh melalui program wifi gratis berbasis komunitas. Kolaborasi tersebut memilih komunitas belajar, taman baca, panti asuhan, dan sentra pembelajaran berbasis kelompok di 40 kota yang tersebar di 19 provinsi di wilayah kerja KCUS Adira Finance Syariah sebagai titik-titik pemasangan.

Prima Hadi Putra, Direktur Business Operations Support Dompet Dhuafa merasa bersyukur Dompet Dhuafa masih terus mendapat kepercayaan sebagai mitra kolaborasi kebaikan Adira Finance Syariah. Kali ini bergulir melalui program wifi gratis untuk wilayah marjinal di 40 kota.

Adira Finance Syariah mempercayakan Dompet Dhuafa untuk mengawal program yang di dalamnya menghadirkan pemasangan wifi dengan kecepatan unlimited 50 Mbps. Termasuk pengawasan pemakaian dan edukasi bagi masyarakat setempat. Semoga program ini menjadi berkah bagi masyarakat dan juga donatur.

"Tentunya juga kolaborasi kebaikan antara Dompet Dhuafa dan Adira Finance Syariah terus berlanjut dalam program-program pemberdayaan lainnya,” ungkap dia.

Sebelumnya, sebagai aksi nyata kepedulian Adira Finance di tujuh masa pandemi, selama Semester 1 – 2021, total sudah Rp 2,6 miliar dana CSR digulirkan untuk membantu sesama. Berbagai program CSR Adira Finance #TumbuhBersamaSahabat meliputi Program beasiswa pendidikan kepada pelajar dan mahasiswa, bantuan kemanusiaan pada daerah terdampak bencana alam, pembangunan dan renovasi masjid, serta vaksinasi Covid-19 gratis.

Selain itu, donasi kepada UMKM terdampak pandemi, serta donasi biaya pengobatan untuk ekosistem Adira Finance. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?