Daerah

Peringati Hari Anak Nasional dengan Vaksinasi

JAKARTA - Hari Anak Nasional jatuh pada 18 Juli 2021. Untuk memperingatinya, beragam cara dapat dilakukan.

Seperti yang diterapkan Forum Nasional Panti Sosial Asuhan Anak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (PSAA-LKSA) berkolaborasi dengan beberapa lembaga. Termasuk Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD) dalam menyelenggarakan vaksinasi gratis untuk anak-anak panti asuhan di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Vaksinasi terhadap anak-anak dianggap penting karena selain mereka juga rentan terkena virus, anak-anak juga sebagai masa depan bangsa yang harus terjamin kesehatannya. Dalam pelaksanaan vaksinasi gratis kali ini terdapat 98 anak dan 21 pendamping panti asuhan yang yang mendapatkan layanan vaksin gratis. Mereka berasal dari Depok dan Tanah Abang.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Dengan adanya vaksinasi gratis ini bagian dari upaya kita dalam memastikan agar anak-anak bisa terlindungi dan mereka bisa hidup ditengah pandemi,” kata Jasra Putra, S,Fil.i., M.Pd, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Untuk diketahui, Covid-19 bisa menyerang siapa saja, tidak hanya orang tua dan dewasa tetapi juga anak-anak. Dengan demikian anak-anak juga harus mendapatkan perlindungan kesehatan khusus termasuk vaksinasi. Namun sayangnya tidak setiap anak bisa mengakses vaksinasi gratis yang diberikan oleh pemerintah.

Ahmad Lukman, Manajer Pengurangan Resiko Bencana DMC DD menyatakan bahwa kolaborasi dalam rangka vaksinasi gratis tersebut sangatlah bermanfaat dalam membantu kebutuhan layanan kesehatan anak-anak panti asuhan. Khusunya di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Alhamdulillah kita dari DMC bisa berkolaborasi membantu proses vaksinasi anak-anak panti asuhan dengan memfasilitasi transportasi dan konsumsi gratis. Selain itu saat ini kami di DMC juga sedang menjalankan program Crisis Center Covid-19, yang mana salah satunya kami melakukan pendistribusian beras ke tempat-tempat panti asuhan,” bebernya.

Baca Juga :  Petisi Ramadan, Perpaduan Program Pesantren dan Pelatihan

Sementara itu, Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?