Daerah

Pentingnya Asupan Pendidikan Gempa bagi Anak Korban Bencana

MALANG – Anak - anak korban bencana gempa berkumpul di ruang terbuka secara bersama-sama di Desa Wirotaman, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keceriaan tampak dari wajah anak-anak, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Para relawan juga terus mengajak kegiatan-kegiatan bagi anak-anak di lapangan.

Di sisi lain para relawan terus menyuplai 200 paket konsumsi untuk berbuka puasa setiap hari bagi masyarakat yang terdampak di Desa Wirotaman. Kegiatan ini merupakan program penyembuhan trauma bagi anak-anak bersama relawan dari Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur.

Kholid Abdillah, Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Timur berharap dengan adanya kegiatan Psychological First Aid dari para relawan, dapat mengurangi rasa trauma dibenak anak-anak. Apalagi mereka baru saja mengalami gempa yang sangat kuat yakni bermagnitudo 6.1 SR.

"Dari dampak tersebut mengakibatkan sejumlah rumah mengalami rusak berat bahkan roboh. Sejak itu anak-anak takut untuk masuk ke rumah,” katanya.

Saat kegiatan tersebut, sejumlah anak-anak nampak ceria sore itu. Mereka saling riang, bermain sambil menunggu azan magrib untuk berbuka.

“Sejumlah anak-anak masih mengalami trauma berat, banyak dari anak-anak yang takut untuk masuk ke rumah, sebab gempa bermagnItudo 6.1 SR telah merobohkan dan mengguncang rumah orang tuanya. Relawan Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur hadir memberikan penyembuhan trauma dengan berbagai permainan yang pastinya tidak terlepas dari edukasi bencana kepada anak-anak. Sehingga selain bahagia dan mengurangi trauma, anak-anak mendapatkan asupan pendidikan tentang gempa bumi,” ujar Kholid.

Relawan juga mendistribusikan 200 paket konsumsi untuk berbuka puasa di sekitar Desa Wirotaman. "Dengan mobil kami distribusikan dari pintu ke pintu untuk mencegah kerumunan dan menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” jelas Kholid.

Baca Juga :  Dompet Dhuafa Dampingi Anak Korban Bencana Mamuju

Untuk diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?