Daerah

Pengabdian Pendidikan pada Momentum Kampus Mengajar

LIMA PULUH KOTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengirimkan mahasiswanya untuk terlibat dalam program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Program Kampus Mengajar. Pada angkatan I tahun 2021 Program Kampus Mengajar, UNY mengirimkan 316 mahasiswanya sebagai peserta. Kegiatan ini telah berlangsung sejak 20 Maret hingga 25 Juni 2021 di sekolah dasar seluruh Indonesia.

Salah satu mahasiswa UNY yang berkesempatan mengikuti program ini adalah Adinda Nan DI Cinto. Mahasiswa Program Studi Fisika dari Fakultas MIPA UNY ini ditempatkan di SDIT Ar Rahman Lareh Nan Panjang, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Motivasinya mengikuti program Kampus Mengajar ini ingin mengabdi kepada pendidikan di Indonesia. Khususnya di daerah asal. Karena sesuai dengan tujuan program ini, agar mahasiswa dapat turut serta dalam menghadapi pandemi di sekolah tingkat SD.

“Kampus Mengajar adalah program yang tepat untuk mengasah potensi diri. Saya mengikuti program ini dengan harapan mempersingkat masa studi, karena program ini dapat dikonversikan dengan KKN,” kata Adinda.

Mahasiswa yang memperoleh beasiswa bidikmisi tersebut memaparkan, selama ini program belajar mengajar di sekolah ini belum terlaksana dengan maksimal karena masih dalam suasana pandemi. Oleh karena itu Adinda dan satu mahasiswa peserta program Kampus Mengajar dari STKIP PGRI Sumatera Barat membantu pada program bidang administrasi dan adaptasi teknologi.

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim mengajak para mahasiswa untuk beraksi, berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Terutama yang berada di daerah terdepan, terluar dan tertinggal, sekaligus mengasah kepemimpinan, kematangan emosional dan kepekaan sosial.

Baca Juga :  Pembelajaran Vokasi Revolusi Industri 4.0 Antarkan Mochamad Jadi Guru Besar UNY

“Saya harap tiap mahasiswa akan menjawab tantangan saya untuk terus memelihara api optimisme dan memberikan kontribusi terbaiknya,” kata Nadiem.

Kegiatan Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan belajar dan mengembangkan diri di luar kelas kuliah. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa menjadi pengajar dan mahasiswa yang terpilih akan ditempatkan di sekolah dasar yang membutuhkan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?