Ilustrasi Vaksinasi. (foto: mediaindonesia)
Nasional

Vaksinasi PTK Dukung Pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menggiatkan vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama untuk segera melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19. Jumlahnya mencapai ribuan.

“Ada tambah 1.000 orang jadi totalnya  3.600 PTK,” kata Walikota Balikpapan, Rizal Effendi.

Mendikbud Nadiem Makarim juga berkesempatan melakukan kunjungan di Balikpapan untuk menyaksikan vaksinasi yang ditujukan bagi PTK di Dome Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/4/2021).

Rizal berharap, kedatangan Mendikbud bisa mendorong bertambahnya pengiriman dosis vaksin. Dengan demikian, semakin banyak PTK yang divaksinasi dan rencana PTM terbatas bisa dilaksanakan segera.

1.000 PTK yang divaksinasi dosis pertama hari ini mencakup PTK jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Luar Biasa (SLB), dan Sekolah Dasar (SD). 50 di antaranya adalah PTK Madrasah Ibtidaiyah (MI) di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag).

Kemendikbud mengapresiasi pemerintah kota Balikpapan yang telah memprioritaskan vaksinasi bagi PTK. Langkah pemerintah kota Balikpapan untuk memberikan vaksinasi bagi PTK jenjang PAUD, TK, SLB dan SD sangatlah tepat. Sebab, murid-murid jenjang tersebutlah yang paling sulit melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi.

“Segera setelah guru-guru mendapat vaksinasi Covid-19, maka PTM terbatas bisa segera dilakukan. Tidak perlu menunggu sampai bulan Juli,” tegas Mendikbud.

Terkait PTM terbatas Walikota Balikpapan menyampaikan, sejak Desember tahun 2020, Pemkot Balikpapan telah melakukan uji coba PTM di 70 sekolah.

“Sebenarnya (untuk PTM terbatas) kita sudah siap, tinggal jumlah gurunya yang harus lebih banyak divaksinasi,” ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?