Inovasi

Es Krim Sayuran Karya Mahasiswa UNY

Siedoo, Es krim merupakan sebuah makanan beku yang umumnya dibuat dari produk susu, seperti krim digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar.

Es krim juga bermanfaat mengurangi rasa tertekan atau stress. Kaya akan kalsium, meningkatkan kekebalan tubuh, kaya akan vitamin, mengandung protein, dan kaya akan gizi. Es krim ini banyak disukai anak-anak, namun di sisi lain juga timbul keprihatinan karena anak-anak jarang mau mengkonsumsi sayuran.

Namun bagaimana jika es krim, tetapi bahan pembuatannya dari sayuran. Tentu ini membuat pembaca menjadi penasaran.

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mencoba menggabungkan es krim dengan sayuran agar anak-anak menyukainya. Mereka adalah Marliyoda Aji Pangestu prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan prodi Akuntansi dan Rosyid Fuadi prodi Tata Boga.

"Sayuran merupakan makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran,” ujar Marliyoda Aji Pangestu.

Es krim ini merupakan salah satu inovasi baru yang bagus untuk diimplementasikan buat anak-anak, karena selain harganya murah bahan-bahan juga gampang untuk ditemukan. Dengan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk ditambah variasi. Seperti menambahkan topping berupa oreo, jelly, buah, keju, dan saus cokelat. Sehingga dapat menambah selera makan anak.

Ketua PKM Marliyoda Aji Pangestu prodi Teknologi Pendidikan, UNY.

Muhammad Dimas Hendrawan menambahkan bahwa es krim sayur kaya akan kalsium, nutrisi sayuran, vitamin dan gizi. “Selain itu juga meningkatkan kekebalan tubuh dan rendah lemak,” ungkapnya.

Diharapkan es krim ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan yang didapat dari sayur yang sudah diolah. Sayurnya dapat diisi oleh berbagai jenis seperti sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan lain-lain yang memiliki nutrisi dan manfaatnya masing-masing.

Baca Juga :  I - BOT, Inovasi Pencarian Korban Bencana Alam Pakai Serangga

Rosyid Fuadi menjelaskan, bahan yang dibutuhkan adalah susu lowfat, susu sachet, gula pasir, garam, topping dan sayuran. “Alat yang dipakai yaitu freezer, blender, sendok dan tempat adonan,” kata Rosyid.

Proses Pembuatan

Cara membuatnya persiapkan semua alat dan bahan, lalu cuci sayuran yang akan dijadikan bahan es krim. Kemudian blender 100ml susu lowfat, 1/4 sdm gula pasir, 1 sachet susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. Tuang dalam tempat adonan dan masukan freezer, tunggu sampe keras.

Setelah keras tusuk-tusuk memakai garpu atau sendok sampai agak hancur, kemudian blender lagi sampai halus dengan kecepatan tinggi. Setelah selesai diblender, kemudian masukan ke dalam freezer, dan es krim sayuran siap dikonsumsi.

Karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2020. (*)

Apa Tanggapan Anda ?