Pelajar di Kedu berbondong-bondong daftar kuliah STAINU Temanggung.

Daerah

Program Beasiswa Jadi Daya Tarik Tersendiri

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

TEMANGGUNG – Program beasiswa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa untuk melanjutkan kuliah. Seperti yang diterapkan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, Jawa Tengah saat menawarkan beberapa program studinya. STAINU mensosialisasikan masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di SMK NU Kedu, Temanggung.

Sigit Tri Utomo Sekprodi PAI menjelaskan bahwa beasiswa yang ditawarkan kepada para siswa menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga STAINU Temanggung pada sosialisasi bulan pertama ini, sudah diserbu ribuan calon pendaftar.

“Untuk SMK NU Kedu, alhamdulillah dari total 41 siswa yang ada, 16 siswa memastikan diri mendaftar di STAINU Temanggung,” katanya.

STAINU Temanggung, saat ini sudah mengadakan sosialisasi sampai ke luar kota. Hasilnya, terbukti sudah ada ribuan calon mahasiswa baru yang mulai sekadar mencari informasi atau sampai mendaftar di STAINU Temanggung.

“Bagaimana tidak tertarik, wong STAINU Temanggung itu satu-satunya kampus Islam di Temanggung. Apalagi kampus NU, karena Temanggung gudangnya orang NU,” tambah Sigit.

Husna Nashihin, Sekprodi PIAUD STAINU Temanggung mengatakan, di SMK NU Kedu terdapat banyak kader pemuda NU yang konsisten akan melanjutkan pendidikan sarjananya tetap di lembaga naungan NU. Para siswa juga mengakui bahwa saat ini STAINU Temanggung cukup ideal untuk dijadikan sebagai perguruan tinggi pilihan.

Komitmen ini, dapat dilihat dari pembukaan prodi baru, yang menambah pilihan prodi bagi para siswa SMK NU Kedu yang saat ini sudah akan lulus. Prodi yang menjadi pilihan siswa tersebut antara lain Jurusan Tarbiyah ada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kemudian Jurusan Syariah ada Prodi Al-akhwal Al-syaksiyah (AS) dan juga Ekonomi Syariah (ES).

Alhamdulillah untuk prodi PIAUD sendiri bisa dipastikan mendapat 6 calon mahasiswa di SMK NU Kedu,” tambah Husna yang juga sekprodi PIAUD tersebut.

Husna menambahkan, saat ini semua jurusan di STAINU Temanggung berlabel Islam. Akan tetapi karena adanya KKNI pada semua perguruan tinggi, berdampak pada penyetaraan jurusan dengan prodi umum.

“Misalnya PIAUD saat ini setara dengan PAUD maupun PG TK/PG RA, adapun PGMI saat ini setara dengan PGSD. Begitu pula dengan prodi lainnya. Saat ini tidak perlu ragu untuk mengambil keputusan berkuliah di STAINU Temanggung, toh lulusannya dan gelarnya sama,” tambahnya.

Apa Tanggapan Anda ?