PENGENALAN, Siswa dikenalkan Green Behavioor lewat Aquascape. (foto: ist)
Daerah

Mahasiswa Untidar Kenalkan Green Behaviour Lewat Aquascape

MAGELANG - SDN Kramat 2 dan SDN Kramat 5 Magelang, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang cukup antusias mengikuti pengenalan Green Behaviour melalui Aquascape belakangan ini di sekolah setempat. Siswa berminat dikarenakan bentuk aquascape yang indah untuk di pandang. Peserta sosialisasi terdiri dari siswa dan guru serta dosen dari Program Studi Akuakultur Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

Salah satu mahasiswa, Eric Armando mengatakan, pengenalan Green behaviour melalui Aquascape dilaksanakan dengan harapan dapat memberikan solusi berupa media pembelajaran secara langsung bagi guru – guru untuk mengenalkan ekosistem lingkungan hidup dalam satu wadah kotak kaca berisi biota dan tumbuhan. Hal ini karena siswa kurang bisa menerima materi jika tanpa ada visualisasi yang jelas.

“Dengan langkah ini kita dapat menumbuhan minat anak anak sekolah dasar dalam menjaga lingkungan sekitar terutama lingkungan perairan. Selain itu nantinya siswa akan diberikan ikan hias beserta wadahnya untuk dibawa pulang agar dipelihara di rumahnya. Harapan program Green behaviour tersebut dapat dibawah pulang kerumah masing – masing dan tidak berhenti disekolah,” kata Eric.

Dalam kesempatan itu Eric memberikan pengenalan bersama mahasiswa lainnya, seperti Muhammad Tri Aji, Annisa Novitasari, Abdul Qadir Jailani.

Ditambahkan Annisa, paradigma isu yang berkembang pada abad 21 berhubungan dengan isu global salah satunya adalah isu yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Lingkungan hidup dianggap sebagai suatu akses manusia untuk mencapai suatu kesejahteraan.

“Wujud perilaku makhluk hidup dalam menjaga alam semesta tersebut disebut sebagai Green behaviour. Kesadaran seseorang untuk mencintai alam semesta tersebut harus ditanamkan sedari dini pada anak salah satunya melalui Aquascape,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?