Daerah Kegiatan

Bersama Forkopimcam, Saka Bhayangkara Windusari Peduli Lansia dan Difabel

MAGELANG – Memperingati Hari Pahlawan tahun 2020, Saka Bhayangkara Unit Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan sosial Peduli Lansia dan Difabel, Selasa (10/11/2020). Kegiatan sosial yang dilaksanakan bersama Forkopimcam Windusari ini berupa pembagian paket sembako kepada warga lansia, kaum difabel, dan golongan kurang mampu.

Penanggungjawab kegiatan, Untung, S.Pd mengatakan kegiatan sosial kali ini bertujuan selain memperingati Hari Pahlawan, sekaligus memupuk semangat dan jiwa kepahlawanan pada generasi muda.

“Dalam hal ini generasi muda khususnya Anggota Saka Bhayangkara Unit Windusari diajak anjangsana dan berbagai dengan para lansia, kaum difabel serta golongan kurang mampu,” katanya.

Untung menguraikan, kegiatan diawali dengan pengumpulan dan penggalangan dana dari anggota Saka dan dari para donatur. Seperti dari Kantor Camat, Polsek, Koramil 04/Windusari dan SMP Negeri 1 Windusari. Selanjutnya, menyiapkan paket sembako sesuai kemampuan dengan memberdayakan UMKM yang ada.

“Kemudian kami mendata calon penerima paket sembako dengan kriteria yang kami tetapkan. Sehingga pembagian paket sembako tepat sasaran,” urai Sekretaris III Kwaran Windusari ini.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan, Ririn Feby Larasati menjelaskan kriteria yang ditetapkan menggunakan skala prioritas, karena keterbatasan paket yang akan dibagikan. Utamanya adalh lansia, hidup sendirian, bekerja sendiri, jompo, penyandang disabilitas, yatim/piatu/yatim piatu. Juga keluarga dengan jumlah tanggungan anak yang banyak.

Anggota Saka Bhayangkara Windusari peduli para lansia dan kaum difabel. (foto: Narwan Siedoo)

“Rencana menyiapkan sekitar 20 paket sembako untuk 20 penerima. Namun alhamdulillah dapat terealisasi 35 paket sembako dengan 35 penerima sesuai kriteria,” sebut Ririn Feby.

Untung berharap kegiatan ini mampu menggugah semangat anggota Saka Bhayankara dalam memaknai Hari Pahlawan. Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama sebagai pengamalan Dharma Pramuka.

“Sekaligus melakukan kerja nyata dan bermanfaat kepada sesama di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan,” kata Untung.

Turut serta dalam kegiatan sosial tersebut Komandan Koramil 04/Windusari Kapten Inf. Adi Sanyoto beserta Babinsa, Sekcam Windusari mewakili Camat Windusari, dan Kanit Binmas Polsek Windusari Ipda Rijanto mewakili Kapolsek Windusari. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?