DIPERIKSA. Pemeriksaan kelengkapan kendaraan organik Akmil, Kamis (3/9/2020). (foto: ist)
Daerah Kegiatan

Kelengkapan Kendaraan Dinas Akmil Dioperasi, Ini Hasilnya

MAGELANG - Kendaraan seluruh prajurit dan PNS Akademi Militer (Akmil), Chandradimuka, Sepa PK yang menggunakan kendaraan dinas ataupun pribadi dioperasi di pintu masuk Kranggan Akmil, Kamis (3/9/2020).

Kepala Bagian Pengamanan Sdirum Akmil Letkol Inf Asep Hendra Budiana S.H. M.M. dan Staf Bagpam Chandradimuka Akademi TNI Myr Inf Jalim serta Staf Bagpam Sepa PK (Kodiklatad) Kapten Cpm Jatmiko beserta personelnya mengecek kelengkapan surat kendaraan.

“Kegiatan Ini merupakan upaya satuan dalam pengamanan personel dan materiil untuk mencegah pelanggaran/kecelakaan lalu lintas serta pengecekan kelayakan kendaraan dinas dan pribadi, pemeriksaan kendaraan dinas mulai dari kondisi kendaraan hingga kelengkapan surat-surat kendaraan harus lengkap seperti STNK kendaraan dinas, SIM C TNI dan KTA,” kata Kabagpam Letkol Inf Asep Hendra.

Untuk pemeriksaan kelengkapan fisik kendaraan dinas seperti spion, lampu, plat nomor kendaraan, nomor rangka mesin, lampu sen, dan helm standart TNI AD harus dilengkapi.

“Kemudian kelengkapan fisik kendaraan dicocokkan dengan surat-surat kendaraan dan identitas pemegang kendaraan dinas,” jelasnya.

Kapen Humas Akmil Letkol Arm Kukuh Dwi Antono yang hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, kegiatan pemeriksaan selain untuk mengetahui kelengkapan surat-surat kendaraan juga sebagai tindakan preventif dalam mengurangi tindakan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para personel TNI-AD.

“Kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor itu sangat penting sebagai pengaman saat kita berkendara. Kelengkapan kendaraan juga harus dilengkapi mulai dari dongkrak dan segitiga pengaman untuk mengatasi kendala saat berkendara, terutama kendaraan dinas yang digunakan untuk mengangkut personel,” imbuh Letkol Arm Kukuh.

Hasil dari pemeriksaan tersebut tanpa adanya pelanggaran, dan semuanya lengkap. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?