Daerah

Gubernur Akmil Beber Ciri Paham Radikal

MAGELANG - Radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme. Demikian kata Gubernur Akademi Militer (Akmil) Mayjen TNI Dudung Abdurahman saat ceramah tentang menangkal paham radikalisme di Gedung Lilyrohli, Jumat (6/3/2020).

“Radikalisme merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan memutarbalikkan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem,” kata Gubernur.

Selaku penceramah Anggota Ombusdman Republik Indonesia, Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S. Turut Hadir para Pejabat Distribusi Akademi Militer, para Perwira, juga para Kowad, Pegawai Negeri Sipil berdinas di Akmil dan segenap anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Akademi Militer.

Gubernur Akmil menekankan ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari sikap dan paham radikal. Antara lain intoleran atau tidak mau menghargai pendapat dan keyakinan orang lain), fanatik atau selalu merasa benar sendiri, menganggap orang lain salah, eksklusif atau membedakan diri dari umat Islam umumnya.

“Lalu revolusioner atau cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan,”. Tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?