MENPAN. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo. (foto: jpnn.com)
Siedoo.com - MENPAN. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo. (foto: jpnn.com)
Nasional

CPNS Tahun 2021, Bakal Rekrut Satu Juta Guru

JAKARTA – Bagi Anda yang masih ingin menjadi abdi negara lewat jalur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada formasi guru jangan khawatir. Pemerintah pusat bakal membuka lowongan di tahun 2021. Jumlahnya sampai satu juta formasi.

“(Tahun depan) InsyaAllah akan melaunching rekrutmen 1 juta tenaga guru,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo dilansir dari detik.com.

Data dari KemenPAN-RB, ada 4,2 juta lebih ASN yang 70 persennya ada di daerah-daerah. Namun, 1,6 juta orang merupakan tenaga administrasi.

Sementara itu, terkait Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang lulus pada Februari 2019, rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penggajian dan Tunjangan P3K sudah diteken sejumlah menteri.

Menurut Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Widjinarko, saat ini rancangan Perpres tersebut sudah mendapat persetujuan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo sudah membubuhkan paraf, dilanjutkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Hukum HAM Yasonna Laoly.

“Yang saya ketahui dari sisi kami, saat ini Perpres tersebut sudah diparaf Pak MenPAN-RB, dilanjutkan paraf oleh Menkeu dan Menkumham,” kata Teguh dilansir dari jpnn.com

Dia mengungkapkan, bila Menkeu dan Menkumham sudah tanda tangan, maka Rancangan Perpres akan dikembalikan ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk diajukan kepada Presiden Jokowi.

“Semoga dalam waktu dekat selesai diparaf dan tidak ada perubahan. Sehingga bisa lebih cepat kembali ke Setneg untuk diajukan ke presiden, ditandatangani oleh presiden,” terangnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?