SKB. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS di tengah pandemi. (foto: detik.com)
Nasional

Guru Honorer Berpeluang Diangkat Menjadi CPNS 2021

JAKARTA - Guru honorer berpeluang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2021. Itu bisa terjadi jika yang bersangkutan bisa memenuhi syarat.

“Ada rencana pengangkatan guru. Guru honorer yang memenuhi syarat bisa ikut mendaftar dan mengikuti seleksi,” kata Sekretaris Jenderal Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji dilansir dari liputan6.com.

Adapun syarat yang dimaksud, pendidikan minimal untuk guru honorer adalah S1, dengan usia maksimal 35 tahun. “Kalau guru harus S1, kalau bidan/perawat minimal D3,” terang Dwi.

Sementara itu, Dwi masih belum mengetahui persis berapa kuota yang akan mengisi formasi PNS 2021.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan sejauh ini formasi untuk penerimaan CPNS 2021 masih terbatas.

Namun formasi yang dibuka nanti sangat dibutuhkan hingga ke tingkat desa. Seperti guru, bidan, perawat, dokter, penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh pekerjaan umum.

Menurut Tjahjo untuk guru formasi yang dibutuhkan sekitar 1 juta, sementara penyuluh di bidang kesehatan sekitar 200 ribu CPNS. "Satu desa, kecamatan itu harus ada ASN yang menjadi penyuluh, ada yang kesehatan menyangkut skala prioritas dan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM," ujar Tjahjo.

Sementara itu melansir dari sindownews.com, satu peserta SKB CPNS 2019untuk formasi lingkup Pemprov Sulsel dipastikan gugur karena tidak hadir alias terlambat mengikuti ujian. 

"Satu orang tidak hadir, yang bersangkutan sebenarnya terlambat. Jadi oleh BKN tidak boleh diikutkan lagi, karena percuma juga. Jadi otomatis gugur," ungkap Kepala BKN Sulsel Imran Jausi.

Diketahui, ada 489 peserta yang sebelumnya berhak ikut SKB CPNS. Namun 465 diantaranya memilih lokasi ujian di UPT Potensi dan Kompetensi BKD Sulsel. Pelaksanaan ujian digelar selama dua hari sejak Sabtu-Minggu, 5-6 September 2020. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?