Daerah Kegiatan

Di Jabar, Lulusan SMA dan Sederajat Sumbangkan 24 Ribu Bibit Pohon

BANDUNG - Sebanyak 3,9 juta bibit tanaman telah terkumpul dalam mewujudkan "Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon" di Jawa Barat (Jabar). Dari jumlah tersebut, 24.185 ribu bibit pohon disumbangkan oleh lulusan SMA/sederajat dan perguruan tinggi di Jabar. Sumbangan bibit itu diterima Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil dari Dinas Kehutanan (Dishut) Jabar secara virtual melalui konferensi video, Sabtu (11/7/2020).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi pun sangat mendukung gerakan ini. Sebagai dinas yang terlibat dalam program tersebut, pihaknya akan berperan aktif menyukseskan gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon ini. Salah satunya, mengajak seluruh siswa SMA/sederajat yang baru lulus agar menyumbangkan 1 bibit tanaman. Mengutip ucapan Gubernur Jabar, Kadisdik mengungkapkan, sumbangan tersebut merupakan bentuk kebahagiaan.

"Saya juga berharap kepada 98 kepala sekolah yang baru saja promosi agar ikut menyumbangkan bibit pohon," harapnya, diwartakan disdik.jabarprov.go.id, 11/7/2020.

Ia meyakini, selain dapat mengurangi pemanasan global, gerakan ini juga mampu mengembalikan keseimbangan alam dan meminimalisasi bencana.

Sementara itu, Kepala Dishut Jabar, Epi Kustiawan menjelaskan, jumlah tersebut merupakan hasil pengumpulan sejak Surat Edaran Gubenur tentang Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon diedarkan pada 19 Februari 2020.

Jumlah tersebut berasal dari beberapa kategori penyumbang yang terhimpun di sepuluh posko bibit di seluruh daerah. Di antaranya, dari aparatur sipil negara (ASN), dunia usaha, lulusan SMA/sederajat dan perguruan tinggi serta perseorangan.

Epi mengatakan, salah satu titik penanaman bibit pohon akan dilakukan di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Sebab, di desa ini ada 16 sumber mata air yang saat ini jumlah dan debitnya sudah berkurang. Mata air tersebut merupakan hulu sungai yang mengalir ke daerah Bandung.

"Kami sepakat untuk merehabilitasi lahan," tuturnya dengan maksud di desa tersebut.

Selain Dishut Jabar, penanaman bibit pohon di Desa Ciburial ini dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar, Atalia Praratya dan Kaukus DPRD Jabar. Adapun jenis bibit yang akan ditanam, antara lain kopi, alpukat, dan manggis. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?