Daerah Kegiatan

Kuatkan Semangat Pemuda, Karang Taruna Gita Karya Adakan Diklat Kewirausahaan

MAGELANG – Semangat kemandirian terpancar pada wajah para pemuda Desa Sidosari Salaman Magelang Jawa Tengah. Suasana itu tampak dalam acara Malam Keakraban (makrab) Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari yang dilaksanakan selama dua hari satu malam tanggal 11-12 Juli 2020 di halaman Balai Desa Sidosari.

Makrab Karang Taruna Gita Karya diinisiasi oleh Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Salaman. Kegiatan diikuti sedikitnya 50 pemuda Desa Sidosari. Kegiatan dalam bentuk kemah dan seminar ini menghadirkan Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, pegiat wirausaha dan pemuda pelopor yang sukses menjadi pengusaha berbasis online tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu, penggagas kegiatan Nastangin menyampaikan bahwa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dalam makrab ini diadakan guna menguatkan semangat pemuda Sidosari. Semangat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Diklat ini kami adakan atas izin pemerintah desa dan tetap memberlakukan protokol kesehatan,” ujarnya.

Acara dibuka hari Sabtu siang tanggal 11 Juli 2020 oleh Kepala Desa Sidosari. Pembukaan dihadiri oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto juga para tokoh agama dan masyarakat setempat.

Disampaikan Nastangin anggota Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari sudah mulai bangkit dengan usaha pembibitan, budidaya jamur tiram, persewaan, dan multimedia. Sebagai penguat kepribadian berwirausaha mereka juga diberi bekal keorganisasian dan manajemen oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto.

Karang Taruna Gita Karya adakan malam keakraban dalam kegiatan diklat keorganisasian dan kewirausahaan. (foto: Redaksi Siedoo)

Disampaikan Ariyanto, sebagai pemuda harus dapat menggali potensi diri. Keterampilan daan inovasi berwirausaha harus dimiliki, dan tetap dikembangkan meski saat ini masih dalam situasi pendemi.

“Sehingga saat kondisi normal semua potensi itu siap untuk kita pasarkan,” ujar Ariyanto.

Di sela-sela acara seorang peserta bernama Suci menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat kuat dalam menumbuhkan semangat bagi pemuda. Sehingga mampu memotivasi para pemuda untuk semakin aktif, kreatif dan kritis terhadap perubahan situasi dan kondisi apapun.

“Sehingga dalam situasi bagaimanapun, pemuda harus tetap semangat dan arif menyikapinya. Tetap berinovasi demi kemajuan diri dan lingkungannya, sekarang dan nanti,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?