Daerah Kegiatan

UNDIP Latih Karang Taruna Manfaatkan Lahan Irigasi untuk Budidaya Ikan

KUDUS – Gerakan Karang Taruna adalah kegiatan pengembangan generasi muda untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda. Yaitu dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yang ditujukan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat terutama generasi muda.

Untuk itu Karang Taruna Tunas Jaya, Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah merintis usaha ekonomi kreatif budidaya ikan. Kegiatan tersebut dengan pendampingan Universitas Diponegoro (Undip) melalui program IPTEKS bagi desa binaan Undip (IDBU) dengan memanfaatkan lahan irigasi untuk budidaya ikan nila dan tombro.

Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt, M.Si, IPM menjelaskan bahwa pendampingan ini merupakan fasilitasi perguruan tinggi untuk pengembangan kawasan Desa. Di mana nantinya akan dibentuk kawasan Edu-Technopreneur dengan memanfaatan lahan irigasi di Desa Wates untuk menunjang kawasan wisata edukasi.

“UNDIP menerjunkan narasumber budidaya perikanan yaitu Bapak Alfabetian Harjuno Condro Haditomo, S.Pi., M.Si. Beliau dari Departemen Akuakulture Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP untuk memberikan pelatihan secara teori dan praktik,” ujar Cahya dilansir dari undip.ac.id (22/8/2020).

Untuk menunjang kegiatan praktik budidaya, FPP UNDIP memberikan bantuan bibit dan pakan ikan. Hasil dari praktik budidaya ini diharapkan dapat menjadi modal awal bagi pengembangan budidaya ikan air tawar oleh pemuda Desa Wates.

Abdullah Ashofi selaku kepala Desa Wates menyambut baik pendampingan oleh UNDIP dan berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan dan berlanjut. Agar masyarakat desa bisa bertambah pengetahuannya dan para pemuda memperoleh kegiatan produktif inovatif melalui pemberdayaan potensi dan lingkungan desa.

“Ke depannya diharapkan sinergitas pemerintah desa dan perguruan tinggi dapat terjalin erat guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, daya saing dan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Wates,” tambah Cahya.

Kegiatan Karang Taruna Wates ini diharapkan menjadi kegiatan rintisan bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Ketua Karang Taruna Tunas Jaya, Suliyono menyatakan sangat puas dengan kegiatan ini. Pihaknya penuh semangat untuk mempraktikkan materi dan keterampilan yang diberikan hari itu.

“Karena UNDIP tidak hanya memberikan pelatihan secara teoritis saja, tetapi kami dapat langsung mempraktikkannya secara nyata,” ujar Suliyono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?