Jasmine Aulia, mahasiswi program studi Elektro Sekolah Vokasi Undip. (foto: Undip.ac.id)

Tokoh

Ciptakan Pendingin Ikan, Mahasiswi Sarat Prestasi Ini Ingin Bangun Startup

Iklan SMA Mutual

Siedoo, Mahasiswi program studi Elektro Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah angkatan 2017 ini enggan berada di zona nyaman, seperti kebanyakan anak muda usai lulus kuliah. Misalnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau menjadi pegawai BUMN.

Gadis cantik kelahiran Jakarta ini justru ingin mengubah mindset zona aman tersebut dan berkeinginan mendirikan perusahaan startup. Dialah Jasmine Aulia, mahasiswi yang baru saja berhasil memperoleh penghargaan Thailand Investor Day 2019.

Thailand Investor Day 2019 adalah suatu ajang kompetisi bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh National Research Council Thailand (NRCT), di mana NRCT merupakan lembaga riset Kerajaan Thailand.

Kompetisi tersebut berupa presentasi karya dan expo, di ajang ini Jasmine menghadirkan Fishco-Box. Yaitu alat pendingin masa pascapanen ikan bagi para nelayan, khususnya di Indonesia.

“Tujuan dari alat ini ialah untuk membantu para nelayan untuk menangani masalah dalam pascapanen ikan sebelum dijual ke tengkulak atau ke pasar tradisional. Agar ikan yang dijual masih tetap fresh dan baik untuk dikonsumsi,” jelas Jasmine ditulis laman undip.ac.id.

Dikatakan Jasmine, alat ini ramah lingkungan, murah dan juga mudah untuk dibuat karena menggunakan barang-barang bekas dan tentunya tidak merusak lingkungan. Sehingga, sangat cocok bagi para nelayan yang menghadapi masalah pengawetan hasil tangkapan.

Jasmine mengungkapkan, Thailand Investor Day 2019 merupakan kompetisi bidang sains, khususnya untuk mempamerkan inovasi terbaru yang ada di dunia. Dalam kompetisi ini banyak negara yang bergabung memamerkan inovasinya. Seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, China, India, Indonesia, Jepang, Jerman, Korea, Malaysia, Polandia, Singapura, Taiwan, Turki, dan tuan rumah Thailand.

Tak heran bila Jasmine bercita-cita ingin menjadi wirausaha usai lulus nanti, karena dia memiliki segudang prestasi. Mahasiswi yang kini menginjak semester IV ini telah meraih beberapa penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Prestasinya antara lain Bronze Medal Thailand Investor Day 2019, Juara 2 LKTIN TUN IMC 2019, dan MAWAPRES 3 Program Diploma Universitas Diponegoro Tahun 2019. Ditambah Bronze Medal Seoul Internasional Invention Fair Tahun 2018 dan Lolos Pendanaan Dana Hibah Penelitian Universitas Diponegoro Tahun 2018.

“Generasi muda sekarang ini banyak yang berkeinginan bekerja di zona nyaman menjadi PNS dan pegawai BUMN. Saya ingin merubah mindset tersebut, karena untuk menjadi sukses tidak harus menjadi pegawai saja. Berwirausahapun kita juga dapat meraih kesuksesan,” tandas Jasmine. (*)

Apa Tanggapan Anda ?