Siedoo.com -
Daerah

Disdikbud Pesisir Selatan Deteksi Bakat Olahraga Melalui Yasekora

PAINAN – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengidentifikasi dan mendeteksi pengembangan bakat olahraga siswa tingkat SD, TK/PAUD. Upaya itu dilakukan dengan melibatkan kalangan guru yang memiliki kompetensi di bidangnya, agar Pesisir Selatan benar-benar mampu menghasilkan generasi emas di masa datang.

Kepala Disdikbud Kabupaten Pasir Selatan, Suhendri  mengatakan program identifikasi dan pengembangan bakat ini akan digulirkan pada 2021 mendatang. Untuk itu sebanyak 80 guru SD dan TK/PAUD, akan dihadirkan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM-nya melalui pelatihan.

Dilansir dari disdikbud.pesisirselatankab.go.id (5/7/2020), Suhendri berharap program kerjasama dengan Yayasan Sekolah Olahraga (Yasekora) itu, dapat melihat keberbakatan anak pada olahraga. Baik secara umum maupun pada cabang olahraga secara khusus.

“Untuk melahirkan generasi emas itu, kami mendatangkan 80 orang guru SD dan TK/PAUD untuk mengikuti pelatihan Talent Identification and Development In Sport (TID). di Aula Disdikbud,” kata Suhendri, Sabtu (4/7/2020)

Agar modul panduan pelatihan identifikasi bakat dikuasai dengan baik, pihaknya akan menghadirkan, Prof. Syahrial Bakhtiar. Prof. Syahrial merupakan salah seorang ilmuwan olahraga, dan juga merupakan Ketua Tim TID Indonesia.

“Kami menyadari orientasi dan deteksi bakat bertujuan memotivasi anak-anak untuk memilih olahraga yang cocok sesuai dengan karakteristik mereka. Bahkan untuk beberapa cabang olahraga, orientasi bakat sudah dilakukan dari sejak awal,” ujar Suhendri.

Dia juga menyampaikan kepada para peserta pelatihan TID tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Siedoo)

 

Apa Tanggapan Anda ?