Daerah Kegiatan

Pascasarjana UPGRIS Gelar Pembelajaran Scientific Practices dan Intelectuall Skill

SEMARANG - Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar Webinar series #1 dan diselenggarakan secara online melalui Zoom Room dan Live Streaming Youtube. Webinar ini mengusung tema: Ekosistem Baru Pembelajaran untuk Membekali Scientific Practices dan Intelectuall Skill.

Acara ini merupakan acara pertama dari serangkaian webinar yang akan diselenggarakan oleh Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UPGRIS. Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 1.100 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan guru dari Sabang sampai Merauke, bahkan terdapat peserta dari negara tetangga Malaysia.

Dilansir dari upgris.ac.id (6/7/2020), webinar menghadirkan 4 narasumber, yaitu Dr. Joko Siswanto, M.Pd (Universitas PGRI Semarang), Dr. R. Wakhid Nurahdiarto, M.Si (Universitas Muhammadiyah Purworejo), Dr. Sri Astutik, M.Si (Universitas Jember), dan Dr. Suyidno, M.Pd (Universitas Lambung Mangkurat). Acara dibuka oleh Dr. Ngasbun Egar, M.Pd selaku Direktur Pascasarjana UPGRIS sekaligus memberikan keynote speak. Yaitu tentang urgensi strategi pembelajaran berbasis digital yang tetap mengembangkan kemampuan HOTs di masa sekarang ini.

Dengan moderator Dr. Ida Dwijayanti, M.Pd (Dosen Universitas PGRI Semarang), para narasumber memaparkan berbagai topik di antaranya ‘Problem based learning with argumentation di era Covid-19’ (Dr. R. Wakhid Nurahdiarto, M.Si). Kemudian, ‘Collaborative creativity pada pembelajaran sains di era new normal’ (Dr. Sri Astutik, M.Si), Creative responsibility based learning di era Covid-19 (Dr. Suyidno, M.Pd).

Sedangkan "Bingkai best praktis digital ecosystem pembelajaran sains” disajikan oleh Dr. Joko Siswanto, M.Pd, Dosen Pendidikan Fisika Dasar Universitas PGRI Semarang. Yang dilengkapi dengan paparan strategi penyesuaian penertapan target/tujuan pembelajaran di masa pandemi, strategi pelaksanaan serta strategi evaluasi. Yang mengedepankan umpan balik yang efektif mengontrol motivasi dan partisipasi peserta didik.

Paparan ini menjawab permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dialami oleh guru dan dosen selama melaksanakan pembelajaran berbasis online di masa pandemi ini. Sehingga webinar ini seakan menjadi oase ditengah problematika pembelajaran di era pandemi Covid-19. Acara ini direspon positif oleh para peserta, dan sebagian besar dari mereka menuliskan kesan “menunggu webinar series 2″ pada formulir umpan balik.

Berdasarkan keterangan Kaprodi Magister Pendidikan Dasar Pascarasjana UPGRIS, Dr. Sumarno, M.Pd, acara webinar series 2# rencananya akan kembali diselenggarakan dalam waktu dekat dengan mengusung tema Keselarasan teaching-learning & parenting: Ekosistem baru pembelajaran ramah anak usia dini”. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?