Tokoh

Teliti Kualitas Daging Ayam, Alvina Dyah Arumsari Peroleh Beasiswa Novus

Siedoo, Sebagai ayam pedaging, ayam broiler diternak guna diambil dagingnya sebagai bahan olahan makanan. Oleh karena itu peternak dalam pemeliharaannya menitikberatkan pada kualitas daging. Namun kualitas daging dapat berkurang akibat pengolahan dan jangka simpan yang kurang diperhatikan.

Salah satu cara untuk menghambat penurunan kualitas adalah menambahkan antioksidan saat processing. Atau dengan memaksimalkan produksi daging melalui pemberian pakan ternak yang berkualitas. (prasetya.ub.ac.id (3/6/2020)

Demikian dipaparkan oleh Alvina Dyah Arumsari, S.Pt melalui penelitiannya berjudul Effect of Encapsulated Spinach Leaf (Spinaciaoleracea) and Turmeric (Curcuma longa) Powder on the Meat Quality of Broiler Chicken. Menurut mahasiswi Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (PPS Fapet UB) ini, pemberian pakan tambahan berupa bayam dan kunyit memiliki manfaat fungsional yang dapat meningkatkan kualitas daging.

Akan tetapi penambahan bahan fungsional dari kunyit dan bayam tidak optimal apabila langsung dicampurkan dalam pakan. Bahan fungsional tersebut tidak dapat berperan dengan baik jika langsung diberikan dalam bentuk kasar seperti bayam atau kunyit yang digiling.

“Hal tersebut juga dapat menghilangkan manfaat fungsionalnya,” kata mahasiswi yang sedang menempuh program Joint-Degree di National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan ini.

Oleh karena itu, lanjut Alvina, agar dapat melindungi manfaat fungsionalnya perlu adanya enkapsulasi sebelum diaplikasikan pada pakan ternak. Enkapsulasi merupakan teknologi yang dapat menciptakan partikel berbentuk kapsul dengan bahan pelapis dan inti.

“Bahan fungsional seperti bayam dan kunyit diproses menjadi bubuk dan dilanjutkan dengan pelapisan dalam bentuk kapsul dan diberikan ke ayam,” kata mahasiswi bimbingan Prof. Lilik Eka Radiati (Ketua Program S3 Fapet UB) yang juga sedang melakukan penelitian tentang multicultural product tersebut.

Bersama dosen pembimbing dari NPUST, Dr. Chih-Ming Chen dan Dr. Fu-Yuan Cheng melalui penelitian tersebut, Alvina memperoleh juara I dalam ajang Novus International Graduate Scholarsip (NGS) yang dilaksanakan, Jumat (29/5/2020). NGS merupakan acara tahunan Department of Animal Science, NPUST, yang diadakan oleh Novus. Sebuah perusahaan kesehatan dan nutrisi hewan yang berkantor pusat di Metro St. Louis, Missouri, Amerika Serikat. Pada kompetisi itu peserta diwajibkan membuat detailed research proposal tentang pakan ternak. (*

Apa Tanggapan Anda ?