Inovasi Teknologi

Mudahkan Belajar Alquran, Mahasiswa UB Ciptakan Aplikasi cQuran

MALANG – Sebelas mahasiswa dan alumni Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) membuat sebuah aplikasi yang diberi nama cQuran. Aplikasi cQuran adalah platform untuk belajar Alqur’an dan mengaji bersama secara live.

Salah satu alumni FILKOM UB yang terlibat dalam pembuatan cQuran, Vriza Wahyu menyampaikan bahwa aplikasi ini dibuat oleh 11 orang yang terdiri atas enam orang alumni dan lima mahasiswa FILKOM. (ub.ac.id, 29/5/2020)

“Aplikasi ini dikembangkan sejak 25 April 2020 dan sudah launching di google play sejak 26 Mei 2020 lalu. Kini aplikasi cQuran sudah dapat diunduh oleh para pengguna perangkat android di google play,” katanya.

Banyak fitur unggulan pada aplikasi ini yang dapat menunjang kegiatan belajar Alqur'an dan mengaji Bersama selama masa pandemi Covid-19. Beberapa fitur tersebut antara lain fitur membuat ruang untuk membaca Alqur'an secara live, fitur bergabung ke ruang orang lain untuk mendengarkannya membaca Alqur'an.

“Juga fitur menjadi reviewer atau pengulas untuk membantu orang lain memperbaiki cara membaca Alqur'an, fitur audio streaming yang memudahkan komunikasi antar pengguna,” papar Vriza.

Di samping itu, cQuran juga sudah menyediakan 114 surah tanpa pembatasan. Semua fitur tersebut dikemas dalam desain yang menarik dan user friendly. Seorang pengguna yang ingin belajar Alqur'an, ia dapat membaca surah yang sudah disediakan di aplikasi. Kemudian membuat ruang untuk mengaji secara live dan berdiskusi dengan orang lain untuk mengetahui apakah dirinya melakukan kesalahan atau tidak dalam membaca Alqur'an.

“Selain itu pengguna juga dapat masuk ke dalam ruang orang lain dan membantu orang tersebut dengan memberikan saran terkait bacaan Alqur'an orang tersebut,” jelas Vriza.

Vriza dan rekan-rekannya berharap aplikasi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Ke depan aplikasi cQuran bisa menjadi salah satu platform terbesar di Indonesia dalam hal menimba ilmu agama Islam bagi semua kalangan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?