Daerah Kegiatan

Di Tengah Keprihatinan, Dies Natalis UNY Diisi Bhakti Sosial

YOGYAKARTA – Di tengah keprihatinan akibat wabah Covid-19, dies natalis ke-56 LPPM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diisi dengan kegiatan bakti sosial di Hall Rektorat UNY, Selasa (21/4/2020). Bakti sosial dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Pimpinan Lembaga di UNY.

Menurut Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY, Edi Purwanta, dalam sambutannya mewakili Rektor, mengatakan bakti sosial ini merupakan bagian dari rasa syukur. Di mana dalam usianya yang ke-56 UNY berhasil masuk klaster satu pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

“Kehebatan UNY ini tidak terlepas dari peran masyarakat sekitarnya,” katanya.

Edi Purwanta menginformasikan bahwa UNY telah berhasil menembus peringkat 500 Asia dan diharapkan tahun 2025 UNY berhasil menembus peringkat dunia. Pada saat ini UNY juga telah diberi hibah tanah oleh Pemda Gunungkidul yang akan digunakan untuk membuat kampus di luar kampus utama.

“Direncanakan perkuliahan di kampus Gunungkidul dapat dimulai pada pertengahan tahun 2020 dengan membuka 6 program studi,” ujarnya.

Selanjutnya, Edi Purwanta memaparkan bahwa dalam dies natalis UNY selalu ada banyak kegiatan seperti festival dalang cilik, wayangan dan sebagainya. Namun karena Pemerintah melarang adanya perkumpulan massa karena wabah Covid-19 maka kegiatan tersebut ditunda.

Kegiatan bakti sosial juga selalu mengiringi dies natalis dengan kemasan yang berbeda dengan yang lalu. Pada tahun ini kegiatan bakti sosial diselenggarakan dalam bentuk pembagian sembako. Sebagai wujud empati UNY pada masyarakat di Padukuhan Karangmalang, Samirono, dan Mrican.

“UNY juga telah membagikan 1000 paket sembako dalam rangka Covid-19 pada mahasiswa yang tinggal di sekitar kampus,” jelas Edi.

Menyentuh Sendi Kehidupan

Sementara itu, Kepala Dukuh Samirono, Muhammad Dimyati, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih pada UNY atas bantuan pada warga pada tiga padukuhan.

“Bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat kami,” ungkap Muhammad Dimyati.

Dimyati mengatakan, Dukuh Samirono berharap ke depan selalu mampu bersinergi sehingga dapat menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat yang ada di sekitar kampus UNY.

Disaksikan pejabat yang hadir, secara simbolis penyerahan paket sembako dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNY kepada warga Pedukuhan Karangmalang, Mrican, dan Samirono.  Dalam bakti sosial ini dibagikan 200 paket sembako pada warga ketiga padukuhan tersebut. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?