Opini

Pentingnya Pembiasaan Membaca Bagi Anak

Siedoo, Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Kalian hanya bisa membaca jendela dunia dengan membukanya. Yakni lewat aktivitas membaca. Membaca akan menambah pengetahuan,wawasan dan pengalaman. Pada saat ini anak Indonesia sangat kurang dalam minat membaca, kebanyakan aktivitasnya digunakan untuk bermain dan menonton.

Perkembangan teknologi yang menyebar sangat pesat juga menjadi salah satu faktor kurangnya minat membaca pada anak. Untuk membiasakan budaya membaca pada anak adalah dengan cara membaca sambil bermain. Maka dengan begitu anak-anak akan tertarik untuk membaca dan dapat terbiasa dengan budaya membaca.

Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku. Maka di zaman sekarang yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku karena segala informasi terkini tengah tersedia di dunia maya.

Membaca Menurut Ahli

Menurut Mikkel Birkegaard membaca adalah sebuah proses rumit, mulai dari kata di halaman di hadapanmu sampai suara yang meninggalkan bibirmu. Membaca adalah kombinasi dari mengenali simbol  dan pola, menghubungkannya dengan suara, dan mengumpulkannya menjadi suku kata sampai akhirnya kita mampu menginterpretasikan arti sebuah kata.

Menurut Daud Firmansyah, membaca merupakan tahap penting dalam proses perkembangan anak karena membaca merupakan gerbang pertama untuk menuju proses pembelajaran yang lebih kompleks. Menurut Rooijakers membaca merupakan suatu cara atau suatu sarana untuk memelihara tingkat pengetahuan sendiri serta untuk menambah pengetahuan baru.

Dapat disimpulkan, membaca adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan kemampuan pikiran menyimpan data-data, dari suatu media yang menjadi sumber informasi untuk menambah wawasan pengetahuan.

Manfaat Membaca

Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca anak dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Membudayakan anak membaca sejak kecil sangat penting.

Mendukung pembiasaan dan budaya membaca bagi anak, perpustakaan sekolah sangat berperan dalam menumbuhkembangkan minat untuk membaca buku. Upaya untuk meningkatkan siswa membaca seperti membuat majalah dinding (mading), mengadakan lomba sinopsis, membuat jadwal kunjungan ke Perpustakaan Daerah, dan sebagainya. (*)

           Fida Fatkha Wildania
Mahasiswi Jurusan PGMI
IAIN Pekalongan, Jawa Tengah
Apa Tanggapan Anda ?