Opini

Inilah 5 Manfaat Anak Dikenalkan Lagu-Lagu Daerah

Siedoo, Lagu daerah merupakan lagu yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh masyarakat daerah itu maupun masyarakat di daerah lainnya. Lagu daerah menjadi ciri khas daerah itu sehingga mencerminkan bahasa dan karakter daerah dari lagu itu diciptakan.

Lagu daerah memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerah yang bersangkutan dan bernuansa kearifan lokal. Lagu daerah sering dinyanyikan secara tersendiri atau bersama dinyanyikan pada tradisi-tradisi di daerahnya.

Lagu daerah mempunyai irama khusus bagi sesuai daerahnya. Bahkan banyak lagu daerah yang telah menjadi popular di seluruh tanah air setelah ditayangkan melalui radio dan televisi.

Berbagai penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengenalkan musik dapat memberikan manfaat positif bagi tumbuh kembang anak. Dengan mengenalkan lagu daerah kepada anak-anak, berarti turut melestarikan warisan budaya leluhur kepada generasi penerus. Sehingga diharapkan generasi mendatang juga mampu melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, M.H.P.Ed, psikolog keluarga yang juga founder Heart Springs Therapy Center & Diana and Associate, mengatakan ada beberapa manfaat mengenalkan lagu daerah pada anak antara lain:

1.Mengenalkan Ragam Budaya

Mungkin bagi usia kanak-kanak masih belum mengerti mengenai keragaman budaya, tetapi melalui lagu daerah dan musik tradisional maka Anda bisa langsung mengenalkan ragam budaya negeri dengan lebih mudah. Selain mengenalkan lagu daerah, Anda bisa menceritakan adat istiadat dari setiap daerah secara lengkap seperti pakaian adat, tarian, dan alat musiknya.

2. Memetik Pesan Positif

Memberikan materi mengenai lagu daerah kepada si kecil bisa memberikan pesan positif mengenai isi dari lagu tersebut. Bagi orang tua atau guru sangat penting memahami maksud di setiap lagu daerah agar si anak bisa menangkap dengan mudah maksud dari isi lagu tersebut.

3. Memperkaya Jenis Musik Bagi Anak

Sangat penting untuk memperkenalkan lagu anak daerah bagi anak karena kedepannya mereka bisa mengenalkan keragaman jenis musik sehingga pengetahuan mengenai musik daerah bisa lebih banyak.

4.Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Kreativitas

Ekspresi dan rasa percaya diri saat menyanyikan lagu bisa jadi modal penting pada masa dewasa dimana rasa  percaya diri dan kreativitas akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengetahuan mengenai lagu daerah.

5. Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak

Memberikan pengetahuan mengenai lagu anak bisa menambah kecerdasan dalam mengelola emosi. Nantinya kemampuan dalam mengelola emosi anak akan  berdampak  positif pada psikologi, jika anak mulai merasa senang setelah mendengar atau menyanyikan lagu daerah maka kecerdasan dalam mengelola emosi bisa lebih baik (Muslimah, 2016).

Menilik beberapa manfaat di atas, maka perlu kesadaran orang tua dan guru untuk mengenalkan lagu-lagu daerah kepada anak. Semua kekayaan dan warisan budaya Indonesia wajib dilestarikan. Selain bernilai tinggi, secara edukasi budaya Indonesia mengajarkan moral kehidupan masyarakat Indonesia sebagai manusia berakal budi. (*)

Sahripah Limkaro
Mahasiswi Jurusan PGMI
IAIN Pekalongan Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?