Ilustrasi pencari kerja. Foto: net

Nasional

Perbaiki Rekrutmen untuk CPNS Pendidik


JAKARTA – Rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi (KemenPANRB) untuk kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2018 mendapat respon dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Bila itu benar-benar terjadi, BKN akan melangkah dengan memperbaiki performa rekrutmen. Termasuk soal sinergitas antar instansi pemerintah.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan, dengan adanya hal itu, nantinya tidak ada lagi keluhan-keluhan berkas yang telat dari pendaftar.

Tak hanya itu, dengan penguatan antar kementerian juga diharapkan tidak ada lagi miss komunikasi yang bisa menimbulkan prasangka adanya kecurangan.

“Termasuk soal sinergitas antar instansi pemerintah yang akan lebih dimatangkan,” ujarnya sebagaimana ditulis Okezone.

Pihaknya juga akan mengevaluasi website SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) baik secara jaringan maupun sistemnya. Harapannya berapapun jumlah masyarakat yang masuk ke website tidak akan menimbulkan maintenance terhadap website tersebut.

“Performa SSCN juga diperbaiki. Misalnya dalam kualitas jaringan,” imbuhnya.

Ditargetkan, seberapapun yang masuk ke SSCN disiapkan untuk bisa melayaninya dengan lebih baik.

“Proses maintenance pun akan dilakukan pada waktu-waktu di mana publik kecil kemungkinan melakukan akses ke SSCN,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, KemenPANRB di tahun 2018 akan membuka lowongan 250.000 CPNS. Untuk formasi yang diprioritaskan yaitu tenaga pendidik, kesehatan, dan pejabat-pejabat pendukung pembangunan insfrastruktur.

Apa Tanggapan Anda ?