Opini

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Coba Mulai Dengan Cara Sederhana Ini

Siedoo, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, berbagai inovasi dan metode pembelajaran dilakukan. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tujuan dari materi tercapai. Hal itu upayakan oleh berbagai lembaga pendidikan serta para praktisi pendidikan terutama para guru.

Tidak harus merubah langsung dengan metode yang rumit, dan susah diaplikasikan bila nanti dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Mulailah dengan cara-cara sederhana lebih dahulu. Misalnya mulai dengan mengkondisikan ruang kelas, tempat duduk dan sebagainya. Sehingga ketika guru memiliki metode baru yang akan digunakan, kelas dan siswa telah terkondisi dengan baik dan nyaman.

Efektif dan Kondusif

Dalam mengajarkan materi, guru bisa menggunakan cara-cara yang efektif dengan mengadakan kegiatan bermain dan belajar. Memanfaatkan sarana prasarana yang ada, tetapi kegiatan belajar tetap berjalan dengan efektif dan kondusif. Kondusif berarti kondisi yang benar-benar sesuai dan mendukung keberlangsungan proses pembelajaran.

Dalam manajemen kelas efektif, lingkungan fisik merupakan faktor yang sangat penting. Oleh karena itu, lingkungan fisik harus dapat didesain secara baik dan lebih dari sekedar penataan di kelas. Guru dapat melakukan bersama anak-anak dalam menata kelasnya.

Menurut Eferston et al. (2003) dalam Santrock (2008), terdapat empat prinsip yang dapat dipakai dalam menata kelas, yaitu:

  • Kurangi kepadatan di tempat lalu lalang. Daerah ini antara lain, area belajar kelompok, meja guru, dan lokasi penyimpanan alat tulis, rak buku, komputer dan lokasi lainnya.
  • Pastikan bahwa guru dapat dengan mudah melihat semua anak. Sebagai manajer kelas, guru penting untuk memonitor anak secara cermat.
  • Materi pengajaran dan perlengkapan anak harus mudah diakses.
  • Pastikan siswa dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas.

Pembiasaan Guru

Selain penataan kelas, ada juga hal-hal untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini terkait dengan kegiatan inovatif, rutinitas, serta pembiasaan guru. Antara lain:

  1. Peningkatan kedisiplinan harus lebih diutamakan
  2. Menggunakan media dan metode belajar yang relevan
  3. Melakukan evaluasi bulanan
  4. Memberikan motivasi pendidikan pada anak
  5. Menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid

Dengan beberapa cara sederhana di atas, lambat laun pembelajaran optimal dalam mencapai tujuannya. Siswa pun akan lebih senang, percaya diri, mandiri, memperoleh banyak keterampilan serta lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah dan mendukung peningkatan pendidikan di tanah air. (*)

Nurul Intan Safitri
Mahasiswi Jurusan PGMI
IAIN Pekalongan Jawa Tengah
Apa Tanggapan Anda ?