Para siswa berfoto bersama dengan turis mancanegara. Mereka mencoba berbincang dengan Bahasa Inggris.

Daerah

Latih Mental, Pertemukan Siswa dengan Orang Asing


MAGELANG – Sebanyak 32 siswa yang tergabung dalam English Club SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang berkunjung ke Borobudur. Acara ini dalam rangka melatih percakapan bahasa Inggris yang dimiliki siswa. Kegiatan yang dikemas dengan nama English Club Goes to Borobudur menambah semangat belajar bahasa asing siswa di sekolah.

“Saya senang ikut kegiatan itu, menambah semangat belajar bahas Inggris di sekolah,” ujar Rizkia Mawada, siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran.

Finka Lagadesya ES, S.Pd, guru pembimbing mengatakan tujuan dari kegiatan itu untuk melatih kemampuan. Terutama speaking atau berbicara bahasa inggris siswa dengan orang asing langsung (native speaker). Selain itu melatih juga rasa percaya diri ketika berinteraksi dengan turis asing.

Finka menambahkan, adanya kegiatan seperti ini ia berharap anak-anak mendapat pengalaman yang dapat dijadikan rangsangan mereka. Yaitu, untuk belajar lebih dalam dalam bahasa Inggris, khususnya.

English Club itu sebenarnya merupakan salah satu extracurricular (english conversation). Namanya saja yang dirubah menjadi English Club. Extra ini untuk mengimprove kemampuan bahasa Inggris siswa yang memang punya high interest in english.

English Club selain melatih berkomunikasi bahasa inggris, juga untuk mempersiapkan lulusan. Ini agar ketika lulus sudah mahir dalam bahasa asing.

*Kontributor Novi Setiaji Panuntun S.Kom, guru aktif SMK Muhammadiyah 2 Muntilan.

Apa Tanggapan Anda ?