Daerah

League Skanisa, Satukan Rasa dengan Sepakbola

MAGELANG - Liga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Magelang, Jawa Tengah merupakan event tahunan yang diadakan oleh SMK N 1 Kota Magelang. Acara yang mengusung tema ”Satukan Rasa dengan Sepakbola” ini didasari banyaknya bakat dan potensi siswa dalam bidang olahraga, khususnya sepakbola. Agenda ini lebih dikenal sebagai SKANISA Premiere League.

SKANISA Premiere League bertujuan menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan potensi sepakbolanya, serta menumbuhkan rasa solidaritas dan sportivitas antarsiswa. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Sabtu, mulai 13 April-4 Mei 2019.

Acara diadakan setiap Sabtu agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah dan guna mengisi waktu setelah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan yang diikuti siswa-siswi kelas X ini dilaksanakan di SMK N 1 Magelang.

Kompetisi berupa liga sepakbola ini mempertandingkan antarjurusan di SMK N 1 Magelang. Ada enam jurusan yang dipertandingkan yaitu Bangunan, Elektronika, Listrik, Mesin, Otomotif dan Informatika.

Setiap jurusan mengirimkan satu tim kesebelasan mereka untuk bertanding. Selain sepakbola, best supporter juga menjadi kategori yang dipertandingkan dalam kegiatan ini.

Lomba berakhir dengan keberhasilan tim Jurusan Mesin sebagai juara satu dan tim Jurusan Bangunan sebagai juara dua. Selain itu, supporter Jurusan Bangunan menjadi pemenang dalam kategori best supporter.

"Kendala yang dihadapi kegiatan ini ada pada persiapan. Yaitu, saat pemasangan stand sponsor yang harus dibongkar pasang dan memperbaiki lapangan pertandingan setiap minggunya," kata Muhammad Ardiyanto, ketua panitia kegiatan.

Sedangkan pada pelaksanaannya, acara dapat berjalan dengan lancar. Meskipun ada sedikit kericuhan yang ditimbulkan dari supoter jurusan. Namun demikian kondisi itu bisa diatasi oleh panitia.

Untuk kegiatan ini disponsori langsung oleh beberapa pihak seperti Cozy Sport, Telkomsel, Depo Pasir Pak Abek, Folks Ways dan Mahardika konveksi. Diharapkan acara seperti ini bisa terus berjalan di masa yang akan datang.

“Lapangan hijau medan tempurmu, senjata dan kawan, penyemangatmu. Itu adalah motto SKANISA Premiere League," jelas Ardiyanto. (Siedoo) 

 

Penulis : Adinda, siswi SMK Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?