Daerah

Pemda Diharap Dapat Optimalkan dan Perdayakan Sekolah Binaan

BANDUNG - Penerapan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) merupakan upaya Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk membudayakan mutu dan mencerdaskan anak bangsa melalui satuan pendidikan. Mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Demikian ditandaskan Kepala LPMP Jawa Barat (Jabar) Gusmayadi Muharmansyah saat melepas 440 sekolah binaan LPMP Jabar yang telah menjadi model sekolah, menerapkan program SPMI di Bandung, baru-baru ini.

Gusmayadi berpesan kepada sekolah binaan untuk bisa mengimbas sistem tersebut ke seluruh sekolah di sekitarnya sebagai sekolah terimbas.

"Kami harap, pemerintah daerah (pemda) dapat mengoptimalkan dan memperdayakan sekolah binaan yang telah dilepas untuk mengakselerasikan pendidikan agar mencapai delapan standar nasional pendidikan," tuturnya dilansir dari disdik.jabarprov.go.id.

Hal tersebut selaras dengan tujuan LPMP. Yakni, membangun sistem serta menjamin mutu pendidikan di satuan pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan sendiri telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Lalu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan serta Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Selain melepas 440 sekolah model, lanjutnya, kegiatan tersebut juga diisi penyerahan penghargaan dari LPMP kepada kabupaten/kota serta satuan pendidikan dengan berbagai kategori. Di antaranya, best practice terbaik, tim penjaminan mutu pendidikan daerah (TPMPD) terbaik, mars SPMI terbaik, video SPMI terbaik, dan newsletter SPMI terbaik.

Melalui kegiatan ini, Gusmayadi berharap dapat terbangun sinergitas dan kepedulian dari seluruh pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jabar.

Berikut peraih penghargaan dari LPMP Jabar:

TPMPD Terbaik

  1. Kabupaten Pangandaran
  2. Kota Depok
  3. Kota Sukabumi

Mars SPMI Terbaik

  1. SMAN 2 Garut
  2. SDN 1 Kertajaya
  3. SMPN 3 Lembang

Newsletter Terbaik

  1. SMPN 4 Banjar, Kota Banjar
  2. SDN Cigasong 1 Kabupaten Majalengka
  3. SMPN 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka

Sekolah dengan Best Practice Terbaik

  1. SMKN Pertanian 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi
  2. SMP Islam Al Azhar 20 Cianjur
  3. SMAN 2 Banjar

Video Terbaik

  1. SDN 1 Sukamaju Kabupaten Bandung Barat
  2. SDN 4 Suka Makan Kota Tasikmalaya
  3. SMKN 7 Bekasi. (Siedoo)
Apa Tanggapan Anda ?