Nasional

HMI : Pemerintah Harus Mampu Memberikan Jalan Keluar

JAKARTA - Gelombang unjuk rasa mahasiswa terus bermunculan di berbagai daerah di Nusantara. Mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan lain sebagainya. Diharapkan, berlangsungnya penyampaian aspirasi masyarakat ini berlangsung dengan aman dan damai.

“Tentu kita masih ingat betul apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi beberapa bulan yang lalu. Dihadapan para mahasiswa, bahwa Jokowi rindu didemo oleh mahasiswa. Apapun persoalannya Pemerintah ini harus ada yang kontrol,” kata Akmal Fahmi, Ketua Bidang PTKP Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI).

Ia menyampaikan itu berkaitan langsung dengan unjuk rasa mahasiswa yang berujung chaos dengan aparat Kepolisian. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam meminta aparat kepolisian agar tidak bertindak represif terhadap para mahasiswa yang berunjuk rasa.

Akmal pun meminta aparat kepolisian agar tidak represif terhadap mahasiswa atau massa aksi yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah.

"Kita harusnya perlu memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang merasa gelisah terhadap polemik kondisi kebangsaan saat ini," jelasnya.

Menurut dia, problematika kondisi kebangsaan saat ini, Pemerintah harus mampu memberikan jalan keluarnya. Bukan saja pada persoalan hukum yang saat ini sedang marak dibahas eksekutif maupun legislatif.

"Tapi banyak persoalan-persoalan lainnya, kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan," ungkapnya.

Pemerintah harus segera dapat mengatasi hal tersebut. Begitu juga dengan kenaikan iuran BPJS, dan polemik kebangsaan lainnya yang mengancam keutuhan NKRI.

“Adapun sikap PB HMI saat ini, masih berada pada barisan terdepan dengan para mahasiswa dan masyarakat untuk memperjuangkan keadilan. Kami masih akan turun kejalan kembali dengan para mahasiswa se-Nusantara,” tandasnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?