SMA Mutual Kota Magelang

Ruang kelas dekoratif. (ilustrasi: youtube.com)

Opini Seni

Ruang Kelas Dekoratif Mendukung Kenyamanan Belajar


Siedoo, Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru, di mana siswa di kelas akan hadir wajah-wajah baru. Ada baiknya para guru mulai membuat konsep untuk mendekorasi ruang kelas dengan suasana baru dan berbeda.

Salah satu pendukung siswa rajin dan jenak mengikuti pelajaran di kelas adalah ruang kelas itu sendiri. Oleh karena itu, kelas harus didekorasi sebaik mungkin agar siswa merasa nyaman. Mendekorasi ruang kelas menjadi tanggungjawab guru kelas atau wali kelas.

Meski demikian, pekerjaan mendekorasi kelas bisa dilakukan oleh guru, siswa atau petugas lain. Yang penting bisa mengaplikasikan suatu bentuk karya seni di dalam ruang kelas.

Gunakan bahan mudah dan murah

Dalam mendekorasi kelas, ada banyak cara dan bahan yang bisa kita gunakan. Gunakan bahan-bahan yang mudah dan murah, artinya mudah didapati, dan barang tidak harus membeli. Karena dalam hal ini yang berperan penting adalah faktor kreativitas dan seni.

Bisa saja kita menggunakan kertas origami, bahan-bahan bekas. Apabila ingin mengganti cat tembok, bisa pilih warna putih kemudian tinggal kita membeli pewarna cat, untuk memperoleh warna cat yang diinginkan.

Untuk membuat hiasan gantung misal dipasang di jendela kelas, bisa memakai sedotan, kertas, dan benang yang dibentuk sedemikian rupa. Atau mungkin ditempel di tembok untuk merangkai nama-nama siswa atau gambar-gambar buah, hewan dan sebagainya.

Pilih tema yang diinginkan

Banyak tema untuk menghiasi kelas, nanti kita tinggal memilihnya. Bagi ruang kelas PAUD, TK, dan SD kelas rendah, guru bisa menentukan tema. Namun bagi ruang kelas SD kelas tinggi (kelas IV-VI), SMP, dan SMA/SMK bisa saja tema menurut kemauan yang disepakati siswa.

Bagi ruang belajar PAUD, TK, dan SD kelas rendah, guru bisa memilih tema alam sekitar, kehidupan dasar laut, hutan, atau animasi yang sedang disukai anak. Sementara bagi kelas tinggi, tinggal kesepakatan siswa yang diinginkan. Namun guru pun bisa saja menawarkan tema tertentu, menurut tingkat pemikiran anak. Misalnya tema IPA, IPS, literasi, atau campuran.

Baca Juga :  Rasakan Tiga Fase Manfaat Sehat Sahur Sunnah

Kegiatan mendekorasi ruang kelas bagi SMP atau SMA/SMK bisa memanfaatkan momen masa orientasi siswa (MOS). Siswa baru, bisa bisa diajak berkreasi mendekorasi dan menghias kelas, tekniknya seperti di atas. Bahan dan tema disesuaikan.

Mengingat saat ini sedang gencar gerakan literasi, jangan lupa di setiap kelas sediakan pojok baca, berisi buku bacaan, baik dari guru maupun siswa. Sementara di dinding luar atau di luar kelas bisa dibuat majalah dinding, yang bisa untuk memajang informasi pendidikan atau literasi karya siswa.

Terakhir, untuk hiasan kelas kita buat yang wajar, jangan berlebihan. Karena ruang kelas terlalau banyak gambar atau hiasan justru bisa saja mengganggu belajar atau konsentrasi siswa. Selamat berkreasi menciptakan ruang kelas yang artistik dan nyaman. (*)

 

 

 

*Yayan Rusyanto

Pemerhati pendidikan, tinggal di Cilacap, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?