Daerah

Pentingnya Bulan Mei bagi Pendidikan di Bojonegoro dan Tuban

BOJONEGORO - Bulan Mei merupakan bulan penting dalam dunia pendidikan. Selain memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, juga ada Hari Buku Nasional pada 17 Mei. Ini menjadi deretan momentum sebelum memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei, menandai geliat gerakan aktivis cendekia pada masa awal perjuangan memerdekakan Indonesia.

Seiring dengan semangat itu, Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro dan PBG Tuban mendorong para pegiat pendidikan untuk menulis dan menghasilkan buku, melalui serangkaian pelatihan. Hasilnya pun melebihi ekspektasi, guru-guru peserta pelatihan di Bojonegoro dan Tuban telah menelurkan 43 buku.

Topiknya beragam, dari cerita tentang kisah keseharian guru, kumpulan cerpen, psikologi pendidikan, hingga metode pembelajaran berdasarkan pengalaman terbaik guru.

Ditulis di laman blokBojonegoro.com, Ketua PBG Bojonegoro, Edy Dwi Susanto mengatakan, pelatihan menulis buku telah membantu pegiat pendidikan dalam mengolah referensi. Bahkan melakukan eksperimen untuk pelengkap bahan tulisan.

Menurut Edy, dengan menulis buku, guru tidak hanya mengajar, tapi juga memberi contoh bagaimana menghasilkan karya. Selain itu, buku juga menjadi bahan penilaian dalam sertifikasi guru.

Dilansir kumparan.com, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, mengaku gembira melihat pelatihan ini berhasil menarik antusiasme guru. Dia berharap karya yang dihasilkan para guru dapat menginspirasi guru yang lain. Sebab buku yang dihasilkan sebagian besar bercerita tentang pengalaman keseharian guru.

Misalnya buku berjudul Bermain di Kelas Mengapa Tidak? karya guru SMP Negeri Sumberrejo Bojonegoro, Wiwik Dwi Rahayu. Melalui buku tersebut, Wiwik berbagi tips belajar bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajaran melalui bermacam permainan yang menguatkan memori siswa dalam menyerap kosa kata.

Untuk mengapresiasi keberhasilan guru dalam serangkaian program tersebut, PBG Bojonegoro dan PBG Tuban menyelenggarakan acara bertajuk Gelar Puncak Karya. Sebuah kegiatan yang berisi seminar, bedah buku, dan pameran media karya pembelajaran. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?