Nasional

Ketua DPR Dorong Kualitas dan Fasilitas Guru 3T Ditingkatkan

JAKARTA – Pemerintah pusat didorong melakukan optimalisasi perekrutan calon guru. Terutama, untuk guru yang akan ditugaskan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Dorongan itu berasal dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

“(Perekrutan) guna meningkatkan kualitas guru ke depannya," kata Bambang dilansir dari jpnn.com.

Mantan aktivis mahasiswa ini mengimbau guru aparatur sipil negara maupun honorer yang bertugas di daerah 3T untuk diberikan fasilitas tambahan agar memudahkan dalam melaksanakan kewajibannya mengajar.

“Mengingat banyaknya guru yang meninggalkan tugas hingga mengajukan permohonan untuk pindah mengajar di kota," ungkap Bamsoet.

Dia mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas dan sarana prasarana pendidikan di daerah 3T, guna mendukung proses belajar mengajar di daerah tersebut.

Sementara itu, Kemendikbud melibatkan sejumlah tentara yang bertugas di daerah 3T sebagai guru. Hal ini merupakan salah satu solusi dalam mengatasi kekurangan guru yang ada di daerah 3T.

“Banyak sekolah di daerah 3T yang kekurangan guru," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano dilansir dari antaranews.com.

Kemendikbud telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat tentang Penugasan Personel TNI AD sebagai pengajar pada satuan pendidikan di daerah 3T.

Ruang lingkup kerja sama itu adalah penguatan kompetensi dalam penguatan kompetensi dalam proses pembelajaran di kelas kepada personel TNI AD pada satuan pendidikan di daerah 3T, program penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik, pemantau dan evaluasi.

Pihaknya telah melakukan kegiatan penguatan kompetensi dalam proses pembelajaran di kelas kepada 900 orang, yang terdiri dari 450 personel TNI AD dari Batalyon 600 Raider Balikpapan yang akan bertugas di Nunukan dan 450 orang TNI AD dari Batalyon 303 Raider Garut yang akan bertugas di Malinau. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?