Perpusatakaan desa Tlaga Ilmu berkeliling desa-desa mengajak anak untuk gemar membaca.

Daerah

Perpusdes Tlaga Ilmu Tebar Benih Membaca


TEMANGGUNG – Perpusatakaan desa (Perpusdes) Tlaga Ilmu Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung terus berupaya menebar benih gemar membaca. Dari desa satu bergeser ke desa yang lain, mereka mengunjungi anak-anak. Pengelola mengajak anak untuk membaca buku yang menjadi koleksi Perpusdes Tlaga Ilmu.

Sampai saat ini, sudah kali ke 15 bagi komunitas perpusdes Tlaga Ilmu mengadakan kegiatan perpustakaan keliling. Kegiatan tersebut ditujukan di Desa Kedopokan Tlogo Pucang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan perpustakaan keliling kali ini dilaksanakan oleh enam orang perwakilan dari komunitas. Mereka terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang. Bahkan, ada juga yang masih berstatus sebagai siswa sekolah menengah atas.

Tim relawan yang melaksanakan kegiatan terdiri dari Tasrifan pengusaha muda, Rofii pengajar madrasah, Erny NM pengajar bahasa Inggris, Rifiyani mahasiswa, Muflichatus Solikhah pegiat Blogger dan Rochiyati pelajar SMA.

“Kegiatan ini untuk mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat,” kata Tasrifan, salah satu perwakilan dari Perpusdes Tlaga Ilmu.

Target Utama dari perpustakaan keliling ini adalah anak – anak usia sekolah. Rata – rata yang datang untuk meminjam dan membaca buku adalah siswa kelas III – VI sekolah dasar.

Meski sudah melangsungkan hingga 15 kali, bukan berarti pengelola perpusdes tanpa kendala. Sejumlah kendala yang sering dihadapi salah satunya kesulitan mengumpulkan anak – anak untuk mau membaca buku.

“Untuk mengumpulkan anak – anak sampai diumumkan di masjid. Itu pun yang datang juga terbilang sedikit jumlahnya,” katanya.

Pengelola pun harus memutar otak agar anak-anak mau mengunjungi perpustakaan keliling. Selain membagikan buku, untuk menarik minat anak, mereka juga mengajarkan mata pelajaran atau tugas sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan seperti bimbingan belajar gratis bagi anak-anak.

Apa Tanggapan Anda ?