Nasional

Membanggakan, SD Poncol 2 Raih Prestasi Nasional Seni Karawitan

PEKALONGAN – Sebuah prestasi bertaraf nasional berhasil ditorehkan oleh SD Negeri Poncol 2 Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Prestasi yang sangat membanggakan itu diraih dalam kategori penata artistik terbaik pada konser karawitan anak yang diikuti 30 Provinsi di Indonesia.

Kepala SD Negeri Poncol 2, Walinah mengungkapkan rasa syukur atas prestasi tersebut. Prestasi bergengsi tersebut sebagai anugerah dari Allah yang tidak disangka. Karena sejak awal yang menjadi tekadnya adalah hanya ikhtiar.

“Awalnya kita diberikan kesempatan untuk mengirimkan vidio, saya bilang sama pembinbingnya bismillah saja lah pak namanya ikhtiar. Dari situ jalan terus terbuka dan alhamdulillah diberi kepercayaan jadi salah satu yang terbaik,” ungkap Walinah dilansir radarpekalongan.co.id.

Tak berlebihan rasanya ia sangat membanggakan para siswa SD Negeri Poncol 2 yang berangkat ke Jakarta mengikuti karawitan. Pasalnya dari 33 Provinsi ada 30 Provinsi yang mengikuti dan hanya 1 sekolah yang berhak mewakili Provinsi ke tingkat nasional.

“Karena kesempatan langka, kita memang mempersipakan dengan baik 2 bulan terakhir ini, itu di luar latihan tiap pekan yang sudah rutin para siswa lakukan,” jelasnya.

Selain itu, mengikuti konser karawitan ini juga menjadi tujuan bagi sekolah untuk mengenalkan budaya lokal kepada siswa serta pada masyarakat Indonesia secara umum. Karena sebagai perwakilan Jawa Tengah harus bangga dengan budaya sendiri.

“Prosesnya kita cukup Panjang, mulai pengiriman video, kemudian yang terpilih mengikuti lokakarya, lalu ada evaluasi baru kemudian tampil,” jelas Walinah.

Walinah berharap, anak-anak mampu melestarikan budaya Jawa Tengah serta di SMP kelak mereka tetap bisa mengikuti karawitan dengan bekal mereka sekarang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?