Tokoh

Niat Ibadah, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ini Justru Menangi Speech Tingkat Nasional

Siedoo, Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menorehkan prestasi di kancah Nasional. Fachri Hamzah Pangestu berhasil meraih juara I dalam kompetisi English Literature Festival (ELF) 2019 yang diselenggarakan oleh HMJ Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Kompetisi ELF perdana yang diselenggarakan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Lomba Speech antar HMJ Sastra Inggris se-Indonesia ini menuntut penguasaan materi keampuan berbahasa Inggris secara benar dan kemampuan berargumen,” kata Fachri.

Oleh karenanya Fachri mempersiapkan berbagai hal. Penguasaan materi dan argumen yang ditampilkannya dalam lomba speech dicapai dengan belajar dari berbagai sumber. Dari bangku kuliah di Prodi Sastra Inggris, UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing (SPBA), maupun ia dalami secara otodidak dari youtube.

Pelaksanaan lomba mengedepankan spontanitas, dengan tema tentang Speech diberikan ketika perlombaan berlangsung. Lombanya bersifat impromptu, peserta diberikan pilihan tema ketika hari perlombaan berlangsung dan diberi waktu 30 menit, untuk menyusun naskah speech-nya dan berlatih.

Niat ibadah

Bagi Fachri, lomba ini diniatkan sebagai beribadah, menambah ilmu dan pengalaman. Sehingga menjadi juara adalah bonus dari semua itu. Dia katakan kalau niatnya untuk menang mungkin justru kemenangan tidak akan didapat.

“Saya belajar banyak dari sana, saya selalu ingat salah satu kalimat yang selalu memotivasi saya yaitu ‘experience is the best teacher’, menang atau kalah, pengalaman itu mahal harganya, it teaches us a lot,” ungkap Fachri di laman uin-suka.ac.id.

Mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2017 ini berharap agar setiap mahasiswa menggengam sikap optimis dan harus selalu berani untuk mencoba. Menurutnya orang yang gagal itu bukan dia yang selalu mencoba namun selalu gagal, akan tetapi dia yang tidak pernah mau mencoba. (*)

Apa Tanggapan Anda ?