Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta di Gedung Prof. RHA. Soenarjo (Convention Hall) kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Selasa, 19/2/19. (foto: uin-suka.ac.id)

Daerah

UIN Sunan Kalijaga Sediakan Kuota 3.680 Program Sarjana


YOGYAKARTA – Masih seperti tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta didasarkan pada Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012. Di antaranya menyebutkan pola PMB UIN/IAIN dan STAIN dilakukan secara nasional dan dalam bentuk lain.

Di antara seleksi nasional adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN. Dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan PMB kedua jalur ini, UIN Sunan Kalijaga melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang berada di wilayah DIY.

Pada PMB tahun 2019 kali ini, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota Program Sarjana sebanyak 3.680 mahasiswa baru. Sejumlah tersebut akan diterima melalui 5 jalur. Jalur SBMPTN dan SNMPTN 30%, jalur SPAN-PTKIN 20% (kurang lebih 472 kursi) dan UM PTKIN dan Mandiri 50% (UM-PTKIN disediakan kurang lebih 1.182 kursi).

Kedua jalur tersebut menyediakan 24 prodi dari 6 fakultas. Yaitu Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Syari’ah dan Hukum, Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Ekonomi dan Bisnis Islam. SPAN-PTKIN disediakan porsi sedikit karena sistemnya menyediakan 4 pilihan prodi yang harus diisi semua.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi PMB di Gedung Prof. RHA. Soenarjo (Convention Hall) kampus UIN Sunan Kalijaga, Selasa, 19/2/19. Sebagai narasumber pada agenda ini antara lain Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr., Sutrisno, M. Ag.

Dilansir uin-suka.ac.id, Sutrisno menjelaskan jadwal seleksi SPAN-PTKIN dimulai pengisian PDSS, verifikasi dan pendaftaran mulai 23 Januari s/d 28 Februari 2019. Pengumpulan hasil seleksi 1 April 2019 pukul 17.00 WIB. Daftar ulang di masing masing Perguruan Tinggi Islam Negeri.

Baca Juga :  Hadapi Ujian Nasional, SMK Citra Medika Bentuk Tim Khusus 

Di UIN Sunan Kalijaga, daftar ulang dan pengisian data mahasiswa baru dilakukan tanggal 4 s/d 17 April 2019. Sedangkan UM-PTKIN pembayaran pendaftaran 2 s/d 29 April 2019 (melalui Bank BNI). Pendaftaran ujian 2 s/d 30 April 2019.

Ujian tulis 28 Mei 2019 dengan materi ujian masuk meliputi: Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Kemampuan IPA/IPS, dan IPC. Hasil ujian diumumkan 1 Juli 2019. Pola seleksi UM-PTKIN dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan serentak oleh panitia yang ditetapkan Kementerian Agama RI.

Biaya seleksi dibebankan kepada peserta seleksi disubsidi dari Kemenag RI. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id dan http://www.um-ptkin.ac.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang