Logo sebagian PTK. (sumber: blogspot.com)

Nasional

19 Perguruan Tinggi Kedinasan Buka 9.176 Kuota, Berikut Perinciannya


JAKARTA - Penerimaan calon mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) tahun 2019 segera dibuka. Pendaftarannya rencana akan digelar mulai 9 sampai 30 April mendatang.

Akan ada 19 PTK dari delapan lembaga/kementerian negara yang membuka pendaftaran untuk seleksi. Kuota yang tersedia hanya 9.176 kursi. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan kuota pada 2017 dan 2018 dengan jumlah PTK yang sama.

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) masih menjadi PTK dengan jumlah penerimaan terbanyak. Kuotanya 3.000 mahasiswa. Sedangkan, Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) paling sedikit dengan menerima 100 mahasiswa.

Kabiro Humas Badan Kepegawaian Negara, Muhammad Ridwan mengatakan, jumlah daya tampung tentu menyesuaikan kebutuhan dan jumlah ASN yang pensiun.

"Bisa jadi pertimbangannya karena alokasi formasi CPNS sangat besar (238.015 orang) tahun 2018,” ucap Ridwan dilansir dari jawapos.com.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

"Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu program studi pendidikan kedinasan. Kalau mendaftar lebih dari satu, otomatis akan gugur," katanya dilansir liputan6.com.

Adapun delapan kementerian/lembaga yang membuka penerimaan yakni Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 3.000 formasi, Kementerian Dalam Negeri (IPDN) 1.700 formasi, Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) 100 formasi.

Kemudian, Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) 600 formasi, Badan Intelijen Negara (STIN) 250 formasi, Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) 600 formasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 250 formasi, dan Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi yang membuka 2.676 formasi.

Penerimaan sekolah kedinasan ini akan melalui beberapa tahapan sebagai proses seleksi. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, akan dilakukan seleksi administrasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang