Opini

Ingin Lanjut Studi? Cobalah Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Siedoo, Bagi kalian yang belum juga mendapat Perguruan Tinggi Negeri namun ingin kuliah, tak ada jeleknya melakukan saran ini. Cobalah untuk meneruskan studi ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Mengapa perlu melanjtkan ke PTK? Kita simak alasannya.

Peminat Perguruan Tinggi Kedinasan barangkali tidak sebanyak peminat Perguruan Tinggi Negeri maupun perguruan Tinggi Swasta. Persaingan yang harus dijalani seorang calon mahasiswa untuk bisa diterima di PTK pun sangat berat.

Tidak hanya tes tertulis atau wawancara saja, tetapi juga tes IQ, tes fisik, tes psikologi, dan tes lainnya yang tidak kalah sulit. Namun, di balik semua kesulitan tes yang disajikan, ada banyak keuntungan bagi kalian yang nantinya diterima di PTK.

Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola oleh lembaga atau instansi yang mendirikan PTK tersebut, sehingga terdapat banyak tawaran beasiswa ikatan dinas. Jumlah beasiswa yang ditawarkan pun tidak main-main karena mencakup biaya studi sampai selesai, bahkan disertai dengan uang saku bulanan.

Jika diterima, tentu kalian tidak perlu kuawatir dengan biaya kuliah yang seringkali menjadi kendala meneruskan studi. Dengan meneruskan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan, peluang kerja yang akan kalian dapatkan juga lebih luas.

Beberapa PTK dengan ikatan dinas akan langsung menempatkan kalian di posisi pekerjaan tertentu setelah lulus. Pastikan untuk mempertahankan prestasi di awal-awal kuliah dengan rajin masuk dan tidak pernah titip absen.

Biasanya, perusahaan besar yang menjalin relasi dengan Perguruan Tinggi Kedinasan akan mencari lulusan berprestasi untuk direkrut dan bekerja di perusahaan. Jadi, kalian tidak perlu bingung akan mencari pekerjaan selepas lulus, apalagi takut akan menjadi pengangguran.

Namun sebelum kalian memutuskan untuk meneruskan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan, kalian harus banyak mencari informasi tentang kualitas PTK itu. Serta persyaratan yang diberikan agar lebih siap dalam mendaftar.

Tips Mendaftar PTK

Mendaftar Perguruan Tinggi Kedinasan membutuhkan tips dan trik tersendiri. Materi ujian yang berbeda dan tidak seperti materi ujian sekolah merupakan tantangan tersendiri. Oleh karena itu, kalian dapat mulai mencari tahu materi yang diujikan beserta ujian tambahan yang mungkin diadakan. Seperti ujian wawancara, tes kesehatan, dan sebagainya.

Butuh persiapan yang sangat matang, bahkan ada yang mengalokasikan waktu hingga 1 tahun untuk mempersiapkan kondisi fisik, kesehatan, serta persiapan nilai-nilai akademik. Biasakan pula untuk mengerjakan contoh soal ujian yang pernah dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi.

Pendaftaran PTK diperkirakan mulai awal April 2019, masih ada waktu nagi kalian untuk mempersiapkan diri serta mencari tahu lebih banyak tentang Perguruan Tinggi Kedinasan. Panteng terus siedoo.com untuk mendapatkan informasi pendaftaran PTK selanjutnya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?