Siswa sekolah vokasi sedang praktik otomotif. (ilustrasi: otomotifmagz.com)

Daerah

Peluang, Kini Lulusan Sekolah Vokasi Makin Dilirik Industri


SEMARANG – Lulusan sekolah vokasi kini tidak boleh dianggap sebelah mata. Sebab, alumnus dari pembelajaran dan perkuliahan sistem ini banyak dilirik dunia industri. Sebagian juga malah menduduki posisi penting di berbagai perusahaan.

“’Kami tentu memberikan apresiasi dengan semakin berkualitasnya sistem pendidikan vokasi di Indonesia. Lulusan sekolah kini banyak dibutuhkan untuk mendukung pembangunan nasional,” tutur Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), kompleks kampus Tembalang, Jawa Tengah.

Menhub hadir dalam prosesi peletakan batu pertama pembangunan dan renovasi gedung sekolah vokasi di kampus tersebut. Hadir pula Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, Dekan Sekolah Vokasi Prof. Dr. Budiono, serta alumni Undip Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto. Menteri sekaligus memberikan apresiasinya atas model pengelolaan sekolah vokasi di Undip.

Terbukti, kampus itu sudah melahirkan banyak alumnus unggul yang memberikan kontribusi besar bagi negeri ini. Hal ini menjadi bukti kampus menjadi salah satu pihak yang bertanggungjawab melahirkan sumber daya manusia tangguh. Kiprah ini sangat ditunggu untuk mendorong percepatan kemajuan bangsa.

Dikutip dari laman undip.ac.id, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengemukakan bahwa harus berkiblat pada dunia vokasi di Jerman dan Korea.

“Karena di sana dunia vokasi berkembang pesat dan lulusan vokasi dapat bergaji sama dengan gaji professor,” kata Menhub Budi.

Menjadi bagian dari juara

Gandi Sulistiyanto yang pernah merasakan kuliah vokasi di Undip pada era tahun 1970 mengaku kini perhatian pemerintah terhadap sistem pembelajaran seperti ini sangat tinggi. Dia pun berkeinginan lahirnya banyak lulusan sekolah vokasi mumpuni untuk melayani kebutuhan pasar kerja di berbagai sektor.

“Mohon maaf pada zaman dulu sekolah di vokasi perasaannya minder. Tak seperti mahasiswa lainnya yang penuh rasa percaya diri. Tapi sekarang berbeda mahasiswa sekolah vokasi justru bagian dari para juara,” katanya.

Sementara Rektor Undip Yos Johan mengaku mengelola ribuan mahasiswa yang tergabung dalam sekolah vokasi Undip. Mereka dipersiapkan menjadi lulusan unggul dan siap pakai memasuki dunia kerja. Selain menggenjot kemampuan akademi para mahasiswa sekolah vokasi Undip juga memperkuat fasilitas penunjang perkuliahan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?