Nasional

CPNS 2019 Digelar Usai Pemilu, Butuh Ribuan Formasi, Bersiaplah!

JAKARTA - Anda lulusan program studi yang ahli dalam bidang bangunan gedung, jalan, atau jago dalam analisis kebijakan pembiayaan? Bersiaplah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) butuh 1.000 PNS baru. Pembukaan lowongannya rencana akan dibuka usai Pemilu 2019.

"Ada jabatan fungsional sumber daya air, macam macam kan. Ada yang jalan, ada yang bidang bangunan gedung, ada analisis kebijakan pembiayaan," kata Kepala BPSDM Kementerian PUPR Lolly Martina Martief dilansir dari detik.com.

Dilansir dari liputan6.com, kebutuhan tenaga baru pada CPNS 2019 juga disebutkannya bakal turut dibuka untuk direktorat jenderal yang baru saja dibentuk di Kementerian PUPR, yakni Ditjen Pembiayaan Infrastruktur.

Untuk sementara ini, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR masih mengandalkan tenaga tarikan dari direktorat jenderal lainnya, seperti Sumber Daya Air, Bina Marga, dan lain sebagainya.

Lewat perhitungan itu, Lolly kembali memastikan, alokasi formasi Kementerian PUPR bila perekrutan CPNS 2019 dibuka masih tak jauh berbeda dibanding sistem seleksi di tahun sebelumnya.

"Saya kira proporsinya tetap sama, sekitar 1.000 orang," pungkas dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin pernah mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan 100 ribu formasi CPNS 2019 yang akan dibuka Juni 2019.

Sedangkan pada Juni nanti bersifat nasional. "Tapi fokusnya tetap kepada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan," ucapnya dilansir dari cnnindonesia.com.

Menurutnya, pemerintah kembali membuka lowongan CPNS tersebut karena kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan memang meningkat. Asumsinya, setidaknya membutuhkan sebanyak 150 ribu formasi untuk kedua sektor.

"Catatan Kemendikbud masih ada kekurangan guru sekitar 91 ribu," katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?