Nasional

Makin Terang! Perekrutan CPNS 2019 Bakal Digelar Oktober

JAKARTA - Waktu perekrutan CPNS tahun 2019, termasuk di dalamnya tenaga pendidik, sudah semakin terang. Rencananya akan digelar akhir tahun ini. Kebutuhan total diperkirakan mencapai 100.000 formasi.

"Mungkin sama dengan tahun lalu, Oktober atau November," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin dilansir dari liputan6.com.

Sementara itu, untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dilakukan dalam dua tahap. Tahap I sudah usai pelaksanaan tesnya, hanya saja pengumumannya belum untuk pemerintah daerah.

"Ya kalau P3K tahap II sekitar Juni-Juli lah. Namun, pastinya masih harus dirapatkan lagi," ujarnya dilansir dari jpnn.com.

Melansir dari kontan.co.id, sebanyak 30 persen peserta tes P3K tahap I tidak penuhi batas kelulusan. Seleksi P3K tahap I diperuntukan bagi pegawai honorer kategori 2 (K2). Total peserta P3K tahap satu tersebut mencapai 73.000 peserta.

"Kira-kira 30 persen di bawah passing grade (batas kelulusan)," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Harya Wibisana.

Honorer K2 merupakan pegawai yang telah bekerja di lingkup pemerintahan. Karena itu, Bima bilang perlu penanganan khusus menentukan langkah bagi peserta yang tidak lulus tes. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?